Amartha, Membangun Indonesia Bersama Perempuan

Mengelola keuangan menjadi sesuatu yang penting di era saat ini, banyak hal yang bisa membuat kita boros, dan berujung pada kebiasaan hedonisme yang terus berulang tanpa kita sadari. Kemudahan dalam teknologi seperti pisau dengan dua sisi, dapat merugikan karena kita terjebak untuk membeli barang-barang yang sebenarnya kita tidak butuhkan, hal itu terjadi melihat diskon semu di marketplace. Kehadiran teknologi bisa sangat bermanfaat karena menghadirkan kemudahan dalam mengakses informasi bermanfaat seperti mengelola keuangan, dan investasi.


                                                      Mengikuti Literasi Keuangan Bersama Amartha


Kemudahan Investasi di Era Teknologi Digital


Hadirnya teknologi memudahkan kita untuk berinvestasi dalam berbagai bentuk instrumen, tapi kita juga perlu teliti untuk memilih instrumen jangan sampai terjebak ke investasi bodong yang menawarkan keuntungan tinggi tapi sebenarnya skema ponzi. 


Literasi keuangan yang baik adalah salah satu cara agar kita terhindar dari investasi bodong, kita juga jangan mudah percaya jika ada yang menawarkan investasi yang too good to be true dalam artian terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Dalam investasi ada semua prinsip high risk high return, low risk low return, keuntungan yang besar datang dari risiko yang besar, keuntungan kecil berdampingan juga dengan risiko yang kecil.


Memilih instrumen investasi sejatinya hampir sama seperti memilih pasangan hidup, kita mesti nyaman dalam proses investasinya, selain nyaman investasi yang kita lakukan seyogyanya memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat Indonesia.


Amartha Hadir untuk Perempuan Indonesia


Salah satu penyedia investasi berbasis P2P Lending yang menarik perhatian saya ialah Amartha. Amartha hadir dengan core investasi yang menarik karena bertujuan untuk membantu perempuan untuk berdaya melalui usaha yang dilakukannya. #PerempuanTangguh adalah pondasi suatu bangsa termasuk Indonesia.


Hal yang membuat saya percaya terhadap Amartha adalah track record-nya yang sudah ada sejak 2010. Amartha Microfinance Marketplace Fintech ialah pionir dalam P2P Lending yang menyediakan modal usaha bagi UMKM di pedesaan, khusus untuk perempuan yang mempunyai usaha UMKM agar lebih berdaya.


Peran Amartha untuk perempuan Indonesia terlihat dari 8, 34 Triliun modal usaha yang telah disalurkan, 1.235.691 pengusaha mikro telah diberdayakan hal itu memiliki impact investing yang luarbiasa untuk kemajuan ekonomi Indonesia, khususnya bagi perempuan Indonesia yang merasakan kehadiran Amartha secara langsung.


Amartha Bukan Pinjaman Online (Pinjol)


Terdapat beberapa perbedaan yang mendasar antara Amartha dan pinjaman online. Secara legalitas Amartha sudah terdaftar di OJK sebagai penyelenggara Lending berizin, tentu secara izin berbeda dengan pinjaman online.


Investasi Amartha menyalurkan dana pemodalan khusus untuk perempuan dengan konsep Grameen Model yaitu pemberian modal usaha dengan penerapan sistem tanggung renteng, jika salah satu peserta dalam kelompok tidak membayar maka anggota kelompok lain berkewajiban untuk menanggung angsuran.


Lain hal dengan pinjol yang menekankan pada pinjaman konsumtif yang memiliki bunga tinggi serta tanpanya ada edukasi terkait keuangan dan pengembangan bisnis.


Pendampingan Lanjutan dan Literasi Keuangan di Era Digital


                                                                     Tanya Jawab Seputar Investasi


Dukungan Amartha tidak hanya berhenti di pemodalan saja, tetapi Amartha juga memberikan pendampingan lanjutan dalam pengelolaan bisnis. Pendampingan dilakukan oleh lebih dari 4.000 tenaga lapangan Amartha yang memberikan mentoring & training bagi mitra agar usaha yang mereka kelola semakin berkembang dan mampu membuka lapangan pekerjaan yang semakin banyak.


Amartha juga concern dalam mengedukasi mitra tentang edukasi keuangan yang memang hal ini penting bagi pelaku usaha dalam pengembangan bisnisnya. Bisnis yang sehat tentu harus paham perihal arus kas dalam pengelolaanya, hal ini penting untuk dipahami oleh pelaku usaha agar bisa membedakan keuangan terkait dengan bisnis dan keuangan pribadi.


Cuan dan Bermanfaat Gabung menjadi Pendana di Amartha


Kita bisa menjadi bagian yang berkontribusi untuk perkembangan UMKM sehingga pendanaan yang kita berikan menjadi Impact Investing karena memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ekonomi khususnya ekonomi perempuan.


Kita bisa melakukan pendanaan berdampak nyata dengan inventasi modal kecil yaitu 100 ribu rupiah saja sudah menjadi bagian dari #100RibuSejutaPeluang yang turut berkontribusi dalam memajukan perekonomian dalam lingkup perempuan.


Selain memperoleh manfaat dalam aspek sosial, kita juga bisa mendapatkan keuntungan hingga 15 %  flat per tahun. imbal hasil ini diperoleh mingguan dan sudah termasuk pokok dari pendanaan yang kita berikan. Kita bisa memilih pelaku UMKM mana yang akan didanai dengan melihat sistem credit scoring hasil dari machine learning yang mengukur risiko dengan akurat, serta mengimplementasikan sistem tanggung renteng.


Dengan keuntungan sekaligus dampak sosial yang besar, yuk turut ambil bagian sebagai orang yang berkontribusi nyata di #Amartha untuk penciptakan Indonesia tangguh melalui perempuan yang berdaya. #AyoModalinUMKM dan #MenjadiAmartha yang berkontribusi nyata membangun Indonesia,



Post a Comment