Mahir Fotografi dengan Alat Sederhana Bersama Aplikasi Belajar Online Qubisa


Di dunia serba digital seperti sekarang ini, segala sesuatu butuh tampilan yang menarik agar bisa menggugah perhatian orang. Hal itu berlaku untuk segala kondisi, baik perihal hanya untuk eksistensi upload foto di sosial media atau untuk berjualan yang menampilan gambar menarik untuk memperoleh cuan plus cara meningkatkan personal branding  di sosial media





Seiring berkembangnya internet ada dua upskilling dan reskilling  yang penting untuk kita pelajari agar menarik perhatian orang di media sosial, kata-kata yang menggugah yang bisa kita pelajari lewat teknik copywriting, dan foto yang ciamik yang bisa dipelajari lewat teknik-teknik fotografi.


Nah, pada kesempatan kali ini saya akan lebih memfokuskan tulisan pada bagaimana meningkatkan  kemampuan  fotografi dengan cara belajar efektif  plus belajar gak ribet


"Belajar forografikan mahal, belum lagi alatnya juga"


Sebagian besar dari kita akan beranggapan seperti itu, bahkan saya dulu beranggapan bahwa belajar fotografi itu sesuatu yang mahal, baik dalam segi alat maupun ikut pelatihannya. Hal itu perlahan pudar semenjak ikutan kursus online gratis "Ini Dia Rahasia Food Photography yang Kece" Bersama Dian Mayori di Aplikasi belajar online Qubisa.


"Nah apalagi tuh Aplikasi belajar online Qubisa ?"


Qubisa adalah aplikasi kursus online yang mempunyai visi mulia yaitu menpersiapkan masyarakat Indonesia untuk mempunyai upskilling dan reskilling  yang mempuni dibidang yang mereka senangi agar tercipta tenaga profesional ahli yang bisa bersaing dan memiliki skill mempuni di dunia kerja nanti.


Sungguh misi yang mulia karena kita sendiri tahu sejak diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) terbuka lapangan kerja yang luas namun harus diimbangi skill yang mempuni, jangan sampai generasi baru Indonesia tidak mempunyai skill yang sejalan dengan kebutuhan di dunia kerja.


"Pasti mahal yah kursus di Qubisa ?"



Saya sebagai freshgraduate tentu tidak punya uang banyak untuk mengikuti pelatihan berbayar, awalnya akan mencari pelatihan gratis dengan isi "daging" semua, hal itu saya temukan di Qubisa. Saya mengikuti pelatihan fotografi tidak mengeluarkan uang seperser pun hanya mengandalkan kuota, ilmu yang mempuni dari ahli didapatkan.


Pada prinsip aplikasi Qubisa sebagai aplikasi belajar online menawarkan banyak pilihan, dimulai dengan kelas gratis, kelas berbayar, dan kelas yang didapatkan dengan menukar koin, pilih sesuai kebutuhan dan selera. Hal menariknya ketika daftar akan mendapatkan 100 koin, dan ketika kita menginstall aplikasi Qubisa mendapatkan lagi 5000 koin, kalau kita mengikuti kursus baru juga mendapatkan koin lagi. Ada loh kursus di Qubisa yang hanya menukar 60 koin, kebanyakan kursus bisa kita ikuti hanya dengan menukar 180, menarik bukan kursus online gratis ini


Pengalaman Belajar/Kursus Online di Aplikasi Qubisa



Awalnya saya membaca diblog teman tentang pengalamannya belajar di Aplikasi

Seperti yang saya sampaikan diawal tadi, kursus online yang saya ikuti pertama kali di Aplikasi Qubisa adalah "Ini Dia Rahasia Food Photography yang Kece" Bersama Dian Mayori. 


Alasannya saya memilih kursus fotografi di bidang makanan karena ingin tahu secara teknis cara memfoto yang baik itu bagaimana, dan tahapan agar hobi foto ini menjadi cuan, dalam artian Qubisa ini ialah aplikasi siap kerja sekaligus aplikasi belajar online yang memfasilitasi kita untuk mengembangakn diri sesuai minta dan bakat yang kita miliki, dalam hal ini aku mencoba mendalami fotografi.


Nah yang diajarkan Kak Dian Mayori juga perihal fotografi sangat menarik selain beliau memaparkan teknik-teknik fotografi makanan, ada sesi khusus untuk tanya jawab bahkan diskusi sehingga menambah pengetahuan praktis kita tentang fotografi makanan.


Secara umum yang saya pelajari di kelas ini adalah dalam segi pemanfataan cahaya ternyata ada tekniknya tersendiri, apalagi bagi saya yang masih pemula, dan belum punya alat lengkap. Pemanfataan cahaya matahari menjadi aspek yang penting, 


Penggunaan kertas putih juga bisa digunakan karena kertas putih memiliki efek untuk memantulkan cahaya secara alami, jadi kita mesti tahu waktu-waktu terbaik dalam mengambil foto. Selain itu, menggunakan lensa wide angle berpengaruh juga agar kesan luas dalam foto yang ditampilkan dapat terasa. Perihal lensa wide angle sebenarnya tidak perlu memakai kamera profesional, Beberapa HP kelas menengah pun sudah memiliki lensa wide angle sendiri.


Kita juga bisa memanfaatkan latar belakang yang menarik dan sederhana agar foto makanan yang kita tangkap memiliki kesan elegan tanpa mengurangi estetika dari sebuah makanan, hal terpenting sesuaikan dengan tema makanan yang akan kita ambil.


Di setiap HP rata-rata sudah memiliki fitur grid yang bertujuan untuk mendapatkan porsi yang pas dalam sebuah foto. Fitur grid ini menjadi acuan proporsi dalam sebuah agar terlihat manis dan indah karena komposisi gambarnya seimbang.


Dalam pengambilan gambar sendiri sebaiknya menggunakan tripod agar hasil jepretan kita tidak goyang dan menyebabkan blur pada hasil bidikan, tripod sederhan yang harganya hanya belasan ribu pun sudah cukup untuk mengawali dalam hal fotografi.


Selain kita memperhatikan teknik dalam membidik objek, tentu hal lain yang harus diperhatikan adalah objek itu sendiri, dari mulai tata letak hingga komposisi warna yang harus diperhatikan dengan baik. Setelah menguasai teknik fotografi dan tata letak objek, Kak Dian juga menyampai untuk secara konsisten menguploadnya di sosial media agar kita punya branding sebagai Food Photography, dan jika itu dilakukan secara konsisten lambat laun akan banyak brand yang masuk untuk menjadi klien kita, secara tidak langsung cuan pun menghampiri.


Cara meningkatkan personal branding  ini yang menjadi bahasan yang menarik dalam sesi diskusi setelah penyampaian materi. Setelah materi selesai kita mengisi angket, dan beberapa jam setelahnya muncul pemberitahuan bahwa sertifikat dapat kita untuk di riwayat webinar. Rasanya benar bahwa Qubisa adalah kursus online gratis sekaligus aplikasi belajar online terbaik yang pernah saya ikuti. Kita juga bisa menjajal kursus online gratis lainnya loh.


Kesimpulan


Memang benar kata teman-teman saya bahwa belajar di QuBisa ialah belajar gak ribet plus cara belajar efektif membuat kita ingin langsung mempraktikan karena dirasa aplikasi Qubisa mampu meningkatkan kemampuan fotografi secara pesat. Cocok rasanya untuk generasi muda, freshgraduate ataupun kalangan mana saja yang ingin belajar sesuatu yang baru untuk mencoba aplikasi Qubisa, aplikasi siap kerja yang mengajarkan ilmu aplikatif dalam setiap pemaparannya, nah kita bisa unduh aplikasi QuBisa melalui PlayStore di sini atau AppStore di sini

1 comment

  1. Waaahhh... Seru sekali ya. Belajar praktis, bisa diakses dimana aja. Rekomended nih tempat belajar onlinenya

    ReplyDelete