Mengulang Masa Kecil dengan Game Nostalgia

Selayaknya anak kecil kebanyakan, aku tumbuh dengan berbagai game kesukaan. Bermain game saat itu menjadi pelepas lelah tersendiri di saat lelah dengan aktivitas sekolah. Banyak game yang aku mainkan mulai dari berbasis Nintendo, PS bahkan Gameboot. Uniknya, kado hadiah ulangtahunku yang ketujuh saat itu adalah gameboot yang memuat permainan asyik saat itu, kebetulan aku dan adikku diberikan masing-masing satu Gameboot tersebut.


Saat itu adalah momen yang mengasyikan banget memainkan itu bersama teman-teman dan adik, bersaing seketat mungkin untuk menunjukan siapa yang paling baik. Jujur, saat ini aku kangen ingin bermain game tersebut, namun Gameboot yang dulu dimainkan sudah entah kemana. Browsing-browsing di internet ternyata kita bisa main permainan nostalgia itu di situs https://plays.org/. Sambil mengulang kenang aku coba bermain deh di situs tersebut. Sudah 3 hari aku mencoba bermain game nostagia tersebut, rasanya setiap gamenya penuh kenangan. Aku juga punta top 3 list game nostalgia yang bisa kita coba mainkan ulang sambil mengenang masa lalu yang seru.

1.Mahjong




Saya yakin sebagia besar anak Indonesia pernah bermain game bernama Mahjong, game asal negara tirai bambu, China ini memang sangat melegenda. Sekalipun merupakan adaptasi dari permainan tradisional, game ini tidak akan habis tertelan masa.


Seru rasanya harus mengahafalkan letak gambar mahjong yang sama untuk membuka suatu gambar, terkadang aku gemas sendiri karena sering lupa letak gambar yang sama padahal sudah beberapa kali dibuka.


Permainan mahjong menawarkan sensasi yang unik, gabungan dari ketelitian, keuletan, strategi, dan ambisi untuk memperoleh nilai tertinggi bahkan topskor mengalahkan nilai-nilai yang pernah dicapai oleh orang lain. Belum lagi sound effect-nya yang selalu bikin kangen. 


Menurut saya game ini punya nilai kehidupan yang mendalam bahkan untuk menyelesaikan berbagai persoalan itu dibutuhkan aksi yang cepat dan tanggap sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan tepat waktu, dan keindahan akan segera menunggu kita masalah sudah dapat diselesaikan.


2. Solitaire




Kalau kita berbicara game yang urusan dengan kartu, kebanyakan orang kemungkinan besar punya kenangan yang mendalam dengan permainan bernama Solitiare. Jika ada yang lupa Solitaire adalah sebuah game yang jika kita ingin menang harus mengurutkan kartu dari nomor yang besar ke kecil dengan berselang warna merah hitam.


Game ini sangat cocok dimainkan ketika waktu senggang, dan kita bingung mau memainkan apa. Daripada gabut nggak jelas lebih baik mengasah otak dengan memainkan game Solitaire. Jujur saja saya sering kali merasa tertantang bermain game ini karena hampir selalu butuh usaha yang menguras otak untuk bisa memenangkan game ini.


Terlebih bermain game ini mengasah kemampuan untuk berpikir cepat dan sistematis, seru banget sih sambil nostalgia sambil mengasah logika. 


Permainan ini secara tersirat mengajarkan saya untuk mengurutkan sesuatu sesuai dengan skala prioritas, jika setiap hal diurutkan sesuai dengan skala prioritas maka kehidupan akan tertata dan masalahnya akan cepat terindikasi, dan diselesaikan dengan efektif dan efesien.


3. Zuma




Diurutan ketiga merupakan game yang nostalgia banget, dan saya termasuk masih rutin memainkan ketika waktu senggang. Zuma adalah permainan sederhana dengan tokoh utama adalah katak, iya katak yang mengeluarkan bola warna-warna dari mulutnya.


Tugas kita menembakan bola yang memiliki warna sesuai dengan warna dengan kumpulan bola yang bergerak menuju suatu lubang. Terkadang, saya sering kali menembakan warna yang tidak sesuai dan menambah rumit permainan ini.


Di level awal memang terlihat mudah karena pergerakan bola yang menjadi sasaran masih lambat, namun semakin naiknya suatu level maka bolanya pun akan bergerak semakin cepat dan cepat. Kita perlu kejelian dan konsetrasi yang mempuni dalam permainan ini, ketika bola semakin banyak menumpuk dan kita panik sehingga jumlah bola makin banyak yang tidak tertembak maka permainan akan berakhir.


Hal yang aku suka dipermainan ini adalah ketika terdapat bom, yang maka ketika bom itu kita tembak makan sebagaian bola yang menumpuk akan sirna, tapi bom itu hanya datang beberapa kali saja. Kalau tidak tepat menggunaknnya akan menjadi bumerang tersendiri untuk kita, karena hanya mengandalkan hal itu untuk menang.


Game ini saya nilai seru karena selain penuh nostalgia, Zuma ini juga mampu mengasah fokus saya untuk menyelesaikan masalah satu persatu, anggap saja bola yang sewarna itu adalah masalah. Kita bisa menyelesaikan masalah atau pekerjaan yang setipe terlebih dahulu, kemudian setelah selesai mengerjakan pekerjaan lainnya. Secepat dan pasti pekerjaan atau masalah yang menumpuk itu mampu teratasi, itulah hikmah yang sama dapat dari game Zuma.


Itulah game nostalgia yang paling menyenangkan versi saya, tentu teman-teman punya versinya tersendiri. Bagi yang ingin mengulang kenang bersama game nostalgia ini bisa mengunjungi situs https://plays.org/ . Kita bisa mengakses situs tersebut melalui Handphone ataupun PC/Laptop yang kita punya. Selain 3 game yang saya sebutkab masih banyak ribuan game yang kita coba, mumpung bentar lagi musim liburan. Kita bisa mencari hiburan yang gratis sekaligus menyenangkan dengan memainkan game yang penuh dengan nostalgia ini kawan.


Post a Comment