Friday, April 16, 2021

Tips Memilih Pewangi Pakaian yang Baik dan Benar Sesuai Kebutuhan

2:46 PM 0

 Parfum sudah menjadi barang wajib yang hampir selalu dimiliki setiap orang agar aroma tubuhnya tetap wangi. Sudah banyak dijual di pasaran mulai dari  parfum isi ulang  yang harganya terjangkau hingga parfum bermerek yang harganya cukup mahal. Nah, kalau kamu pengen mencari alternatif pewangi yang lebih murah, kamu bisa menggunakan pewangi pakaian yang aromanya seperti parfum mewah untuk wanita dan lebih tahan lama tentunya hanya dengan menggunakan royale parfume . Wanginya bisa nempel terus di pakaianmu. Tips dalam memilih pelembut pakaian sesuai kebutuhan.




 

1. Pilih Wangi Sesuai Selera

Banyaknya varian wangi yang ditawarkan softener  terkadang membuat seseorang bingung untuk memilih yang mana. Padahal sebenarnya dalam memilih aroma itu bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Mungkin ada orang yang menyukai aroma yang kuat, namun ada juga yang tidak menyukainya.

 

Semua kembali kepada para pengguna saja. Keterangan pada kemasan pelembut ini bisa dibaca sebelum memutuskan membeli yang mana. Bila ingin wangi yang lembut dan segar, mungkin aroma buah bisa menjadi pilihan tepat. Begitupun dengan wangi maskulin khas laki-laki, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Untuk saat ini, aroma wangi yang paling banyak dicari dari pelembut pakaian adalah aroma buah dan juga aroma bunga. Tak jarang pula ada yang menyukai aroma essential yang berasal dari minyak-minyak esensial. Usahakan untuk memilih aroma yang disukai oleh semua anggota keluarga ya. Sebab, tidak semua menyukai aroma bunga ataupun aroma buah.

 

2. Pilihlah yang Memiliki Kandungan Anti Bakteri Dan Anti Bau

Meskipun sudah menggunakan pelembut dan juga pewangi dengan aroma sedemikian rupa tidak menjamin pakaian akan wangi seharian. Untuk itu penting sekali untuk memilih pelembut pakaian yang mampu menetralisir bau tak sedap akibat bakteri. Tak semua pelembut pada pakaian itu memiliki kandungan anti bakteri dan juga kandungan anti bau.

 

Pakaian yang berbau ini sendiri diakibatkan oleh banyak faktor, seperti belum terlalu kering, cara bilas yang salah dan lain sebagainya. Permasalahan ini biasanya muncul saat pakaian sudah ikut bercampur dengan keringat. Rasanya pasti sangat tidak nyaman buka? Untuk itu usahakan untuk memilih pelembut yang memiliki kandungan antibakteri ini.

 

Proses mengeringkan pakaian juga kadang kala menjadi faktor penyebab dari timbulnya bau tak sedap ini. Pakaian yang belum benar-benar kering membuat bakteri lebih mudah untuk menempel dan membuat pakaian menjadi berbau. Sinar matahari yang pas bisa membuat pertumbuhan bakteri pada serat kain bisa berhenti.

 

Tuesday, April 13, 2021

5 Alasan Kenapa Harus Punya HP Spectre X360 14

11:57 PM 0

Nggak nyaman bangetkan kalau punya laptop yang lemot plus lama ketika dinyalakan (Proses booting) ? atau kalian ingin punya laptop yang bisa dijadikan tablet plus bisa menggunkan stylus untuk menggambar dan desain ? jika teman-teman sedang mengalami hal itu tulisan ini akan cocok banget untuk kalian baca. 


Ide menulis ini berawal dari mengikuti launching via zoom yang diadakan Hewlett Packard atau yang lebih dikenal dengan HP. Mereka memperkenalkan laptop premium yang baru saja mereka buat untuk pasar Indonesia. Saya termasuk yang jatuh cinta pada pandangan pertama pada HP Spectre X360 14, hal itu bisa terjadi karena garis desain yang dimiliknya menunjukan kesan mewah sekalipun saya tidak diberittahu spesifikasi.




Berdasarkan pemaparan yang disajikan via zoom, laptop ini banyak digunakan oleh kaum profesional dalam berbagai bidang termasuk desainer, mahasiswa bahkan gamers sekalipun.


Saya mempunyai beberapa alasan kece untuk kenapa kita mesti memiliki HP Spectre X360 14 ini. Yuk simak beberapa alasan versi saya berikut ini.


1. Desain Cakep




Layaknya seorang pria yang jatuh cinta pada paras seorang wanita, begitulah yang saya rasakan terhadap laptop ini. Balutan desain yang mewah dengan layar bezeless plus memiliki fitur konvertibel 2 in yang bisa dioperasika dalam berbagai mode sesuai dengan kebutuhan. Bisa dijadikan mode tenda untuk menonton, mode tablet yang dipadukan dengan stylus sangat cocok untuk membuat desain, tentu mode laptop konvesional yang cocok untuk melalukan berbagai aktivitas kerja dengan sesekali bermain game. Kenyamaannya ditambah dengan aspek rasio layar 3:2 yang menyajika layar vertikal 20 % lebih besar dari PC biasa.


2. Kekuatan yang Mempuni


Nggak hanya cakep HP Spectre X360 14 juga memiliki "Kekuatan" yang mempuni untuk berbagai urusan komputasi dari mulai mengetik, desain hingga bermain game. Hal itu bisa terjadi karena ditenagai oleh Intel Core i7 Generasi ke 11 dengan kecepatan sampai 4.7 Ghz didukung Integrated Graphics Intel Iris yang mempuni untuk memainkan game berat. Suka main game Counter Strike ? ini pasti dilibas dong. Kalau Intel Iris masih kurang ada 2 slot Thunderbolt yang bisa digunakan untuk menambah daya dari sisi grafik.


Perihal multitasking tentu sudah mempuni karena dilengkapi dengan RAM 16 GB LPDDR 4 yang sudah jamin mutu untuk digunakan dalam melakukan multitasking apapun dari yang ringan hingga berat sekalipun.


Kalau diibaratkan sosok superhero, HP Spectre X360 14 ini sudah seperti Wonder Woman yang tak hanya parasnya (Desain) yang cantik tapi memiliki kekuatan yang luarbiasa.


3. Layar yang Bikin Nyaman




Jika kalian terbiasa dengan laptop TN yang terjadi perubahan warna jika dilihat dari sudut layar yang lebar, maka hal itu tidak akan terjadi di Laptop HP Spectre X360 14 karena sudah menggunakan layar OLED. OLED adalah teknologi layar paling canggih sejauh ini karena mampu menampilkan warna lebih nyata plus hemat daya, jadi asyik banget untuk kebutuhan desain karena memiliki warna yang sesuai aslina plus konsisten. Layar OLED ini didukung pula kerapatan layar yang tinggi yaitu 3k2k, dalam artian jika kita menonton Drama Korea bisa melihat pori-pori artisnya dengan jelas karena memiliki ketajaman yang tinggi. Layarnya pun sudah touchscreen didukung dengan perlindungan Gorilla Glass jadi nggak khawatir layarnya tergores. Apiknya lagi bezel layarnya sudah kekinian dengan rasio terhadap bodi 90,33 % hampir layar semua tuh.


4. Kapasitas Storage Monster


Jika kebanyakan laptop masih menggunakan hardisk yang cenderung lebih pelan dari pada SSD, nah HP Spectre X360 14 ini sudah menggunakan seri tercanggih dari SSD yaitu SSD Nvme yang kecepatan membacanya lebih kencang daripada formula 1 sekalipun hehe. Biasanya laptop yang menggunakan SSD akan diberikan kapasitas yang kecil namun di laptop ini jelas berbeda karena SSD memiliki kapasitas 2 TB dong, seribu gajah juga masuk nih hehe. Jadi teman-teman nggak usah ragu untuk mengoleksi drakor atau anime favorit karena kapasitas gede banget.


5. Menyandang Verifikasi EVO




Dunia laptop khusunya yang memakai intel memiliki standar tersendiri dalam menentukan laptop premium yang ideal, EVO adalah standar untuk laptop premium yang ideal. Butuh 14 tahap pengetesan, tuning, dan verifikasi untuk menyandang nama EVO di laptop. Garis besar standar EVO ialah tipis, tahan lama, efisien, dan ramah lingkungan. HP Spectre sudah menyandang itu semua.


Jika dianalogikan laptop HP Spectre ini sudah seperti Wonder Women yang menang kontes kecantikan Miss Universe karena sudah sempurna secara fisik, kekuatan, dan kepribadian yang bagus. Nah siapa nih yang mau meminang Wonder Women, eh maksudnya meminang HP Spectre X360 14 ? Kalau aku sih pengen nabung untuk lebih laptop ini guys.

Sunday, March 28, 2021

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

5:13 PM 0


Memang tiket pesawat itu relatif mahal dibandingkan dengan tiket transfortasi lainnya. Namun, kadang-

kadang pihak maskapai selalu melakukan promo tiket harga murah untuk menarik para pelanggannya.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan coba memberikan tips mendapatkan tiket pesawat murah

sebagai berikut :


1. Manfaatkan Kalender Liburan


Cara yang paling mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah dengan mengetahui

terlebih dahulu tanggal berapa saja ada hari libur nasional atau cuti bersama. Karena pada hari

libur nasional maupun cuti bersama, biasanya pihak maskapai selalu mengadakan promo tiket

murah.


2. Ketahui Harga Rata-Rata dan Benhmark Harga Terendah Yang Ditawarkan Maskapai


Dengan melakukan observasi serta pembelajaran yang anda lakukan, anda akan mengetahui

batas terendah dari harga yang ditawarkan pihak maskapai. Sehingga, ketika anda menemukan

harga murah, anda bisa langsung mengetahui, apakah itu memang harga yang paling murah,

atau ada harga lainnya yang lebih murah lagi. Adapun caranya adalah dengan selalu rajin-rajin

melihat harga, baik itu dalan periode promo maupun tidak.


3. Pelajari Tren Promo Maskapai


Dalam hal ini, anda bisa mengikuti newsletter maskapai, like dan follow akun media sosial

maskapai, dan pelajari trennya. Anda bisa mempelajari waktu maskapai-maskapai itu

mengeluarkan promo sertas jenis promonya. Dengan mempelajarinya, anda akan mengetahui,

ketika menemukan tiket yang murah, anda bisa menimbang-nimbang apakah ini waktu yang

tepat untuk membeli tiket, atau justru periode promo akan segera tiba. Atau anda juga bisa

melihat penawaran dari Indonesia dengan tujuan ke berbagai destinasi di seluruh dunia.


Sebagai rekomendasi, anda bisa menggunakan Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Ada

beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan melalui Sriwijaya Air ini, salah satunya

adalah anda bisa mendapatkan E-Tiket pesawat Sriwijaya Air dengan mudah di tiket.com. Selain

itu, tiket.com juga memiliki banyak promo tiket pesawat Sriwijaya Air yang bisa anda gunakan

untuk mendapatkan potongan harga atau penawaran menarik lainnya. Oleh karena itu, pesan

segera tiketnya sekaligus sehingga anda bisa langsung mengajak teman, keluarga, atau pasangan

untuk pergi berlibur ke tempat impian.


4. Perhatikan Tanggal Keberangkatan Anda


Setelah anda memilih hari, anda juga harus perhatikan juga tanggal keberangkatan anda. Karena

biasanya harga tiket pesawat di tanggal 20-an relatif lebih murah dibandingkan awal atau

pertengahan bulan. Hal ini dikarenakan pihak maskapai menganggap bahwa tanggal 20-an itu

adalah tanggal tua serta kondisi keuangan semakin menipis, sehingga kemungkinan orang untuk

bepergian semakin sedikit. Sehingga, pihak maskapai pun sering melakukan harga murah di

periode tersebut supaya banyak yang mengisi kursi-kursi pesawat.


5. Perhatikan Periode Perjalanan, dan Hari Pergi serta Pulang Anda


Biasanya akhir pekan , atau long weekend, dan musim iburan harga tiket selalu mahal. Untuk iu,

coba liburan di periode low-season, seperti bulan September-November dan Februari-April.


Selain priode liburan, hari keberangkatan dan kepulangan bisa menentukan harga tiket anda.

Dalam hal ini, kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin

merupakan kombinasi termahal. Oleh karena itu, jika anda ingin mencari harga tiket yang murah

anda bisa menyiasatinya dari cuti kantor anda.


6. Perhatikan Maskapai Yang Anda Pilih


Setelah memilih rute, sebaiknya perhatikan juga maskapai yang melayani rute tersebut. Karena

kecenderungannya, harga low Cost Carrier (LCC) bisa lebih murah jika dipesan sejak jauh-jauh

hari serta meningkat drastis kalau dipesan hanya beberapa minggu atau beberapa hari sebelum

keberangkatan. Sedangkan maskapai full-service cenderung menerapkan year-round fare pada

harga tiket pesawatnya sehingga kurang lebih sama sepanjang tahunnya. Bahkan terkadang,

harga tiket pesawat full-service bisa lebih murah dibandingkan LCC jika membelinya lebih dekat

dengan hari keberangkatan.


Tuesday, March 16, 2021

Mengulas Buku Resep Sehat Ala Rasulullah

10:57 PM 0

 Sebelumnya saya sering kali mendengar buku fenomenal karya dr. Zaidul Akbar yang berjudul "Jurus Sehat Rasullah" penasaran banget ingin membaca buku tersebut namun karena berbagai hal belum berkesempatan membaca buku itu, namun di sisi lain istri yang sudah membaca menceritakan sinopsis buku tersebut sekaligus latar belakang penulisnya yang ternyata keren banget.


Atas izin Allah, saya akhirnya mempunyai buku terbaru karya dr. Zaidul Akbar yang menjadi penerus buku sebelumnya yang sangat sukses dipasaran. Berdasarkan rasa ingin menebarkan manfaat plus mengajak teman-teman untuk membaca Buku Resep Sehat JSR ini saya mencoba mengulasnya.


Identitas Buku



Buku ini punya segmen pembaca sendiri yang termasuk "militan" untuk membelinya. Seperti yang kita tahu "Resep Sehat JSR" adalah buah karya dr. Zaidul Akbar yang sebelumnya telah menulis "Jurus Sehat Rasullah" Buku ini diterbitkan oleh penerbit yang sudah malam melintang dalam "mengolah' buku islami termasuk percertakan Al-Quran yang tersohor ialah PT Sygma Media Inovasi dikenal juga dengan nama lain yaitu Syaamil Quran. Buku ini masih tergolong baru karena terbit di Januari 2021. Salah satu hal yang memesona saya ialah desain yang elegan, di sampulnya berbalut hardcover dengan desain sampul yang eyecatching banget. Tebal buku yang sampai 524 halaman ini pun mudah 'dilahap" karena resepnya disertai foto dengan kualitas kece abis.


Sinopsis Buku

Buku ini hadir dengan banyak hal luarbiasa, ketika membaca kata pengantar saja saya merasa "terpukul" dengan persepsi yang sudah lama mengakar dan itu adalah hal yang salah. Dulu sebelum membaca buku ini hal yang pertama kali saya lakukan ketika menghadapi sakit ialah meminum obat kimia, padahal menurut buku ini konsep dasar pengobatan dalam islam bermula dari akidah seorang mukmin bahwa penyakit apapun, ringan maupun berat pada dasarnya hanya Allah yang dapat menyembuhkan. Pemikiran saya dulu melenceng. masih bersandar ke obat atau dokter yang dapat menyembuhkan penyakit.


Padahal jika Allah berkehendak dengan metode sederhana penyakit berat sekalipun agar sembuh, begitupun sebaliknya jika Allah tidak berkehendak, metode secanggih apapun tidak akan bisa menyembuhkan penyakit, prinsip itu menjadi hal mendasar.


Di sisi lain, Allah menciptakan segala yang ada di bumi untuk digunakan manusia dalam rangka kemaslahatan dan ketaatannya kepada Allah. Berbagi hal yang ada di bumi termasuk tumbuhan, air dan berbagai hal yang lain berfungsi untuk menjaga keseimbangan dunia, tentu banyak pula yang berfungsi sebagai sarana untuk mengobati berbagai penyakit.


Saya mengutip isi buku ini "Ketahuilah bahwa dalam setiap ciptaan Allah terkandung keberkahan, keseimbangan, dan manfaat yang dia masukkan dalam produk ciptaa-Nya,"


Bab pertama "Kita dan Penyakit" menghadirikan konsep dasar penyakit sekaligus obatnya dalam sudut pandangan yang sering kita lupakan. Misalkan " Shalat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangfkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit (HR At Tirmidzi)". Di Bab kedua disajikan alasannya mengapa kita harus menggunakan obat alami. Disertai penjabaran bumbu dapur dan obat penuh khasiat.


Di Bab selanjutnya dipaparkan bahwa obat tak selamanya tidak ena, ada juga obat yang enak seperti buah-buahan yang nikmat sekaligus kaya manfaat. Bab selanjutnya diisi dengan resep berbahan sayuran, umbi-umbian, daun-daunan plus resep-resep lain yang menambah khasanah dalam dunia pengobatan ala Rasulullah.



Kelebihan Buku


Pada dasaranya banyak kelebihan yang disajikan oleh buku ini, dimulai dari segi desai buku plus kertas yang digunakan memiliki kualitas mempuni. Ditambah isi buku yang mampu "menampar" kita bahwa kesehatan dan kesembuhan Allah yang tentukan. Sajikan lengkap dari berbagai jenis tumbuhan, buah-buahan hingga sayuran yang mudah kita temukan ternyata memiliki khasiat yang luarbiasa. Resep yang disajikan juga bukan abal-abal karena kaya akan penelitian dapat dilihat dari sumber daftar pustaka yang beragam. Pada dasarnya buku ini seperti kumpulan resep untuk hidup lebih sehat, baik secara jasmani dan rohani.


Kekurangan Buku

Tentu kelebihan selalu berdampingan dengan kekurangan, begitu dengan isi buku ini. Namun untuk mencari kekurangannya yang terdapat pada buku ini saya cukup kesulitan karena sudah disajikan dalam porsi yang pas. Hal yang menjadi kekurangan bersifat subjektiF paling seputar berat buku yang lumayan meskipun sebanding dengan kualitas kertas plus halaman yang tembus 500 lebih plus khasiat yang berbobot banget.

Ngezoom Bareng dr. Zaidul Akbar

10:46 PM 0

 


Nggak ada orang yang nyaman dengan rasa sakit yang dia derita, baik itu sakit secara fisik maupun batin. Anak-anak remaja yang tersakiti hatinya saja pasti penuh keluhan dalam menjalani hidupnya, apalagi sakit secara "nyata". Pepatah kuno banget yang hampir semua orang tahu berkata "Lebih baik menjaga daripada mengobati," salah satu ikhtiar untuk mengatasi adalah dengan menambah wawasan tentang tips dan trik menjaga kesehatan ditambah dengan cara mengobati penyakit yang sudah terlanjur diderita.


Ikhtiar saya mendalami hal itu dengan mencari berbagai referensi terkait dengan pencegahan dan pengobatan secara herbal. Tanpa diduga, semenjak nikah istri selalu bercerita tentang tren dalam dunia kesehatan yang ramai diperbincangan yaitu resep sehat Rasul. Awalnya aku sendiri masih awam terkait resep sehat Rasul sebelum dikenalkan oleh istri dengan buku karya dr. Zaidul Akbar yang membahas jurua-jurus sehat ala Rasul, setelah saya cermati lebih dalam ternyata banyak hal yang menarik dari buku "Jurus Sehat Rasulullah".


Semakin mendalami karya dr. Zaidul Akbar semakin paham dengan konsep bahwa Allah menciptakan sesuatu dengan berbagai fungsi. Tanaman tumbuh liar dipekarangan bisa menjadi obat mujarab untuk penyakit tertentu. Rasanya ingin bertemu dengan dr. Zaidul Akbar dan menyaksikan secara langsung beliau "meracik" obat dengan resep yang biasa digunakan oleh Rasulullah.


Alhamdulillah, rezeki yang tak terduga datang. Selain mendapatkan buku terbaru dari dr. Zaidul Akbar yang berjudul "Resep Sehat JSR" saya juga berkesempatan untuk ngezoom bareng dr. Zaidul Akbar. Saya terkesan dengan pemaparan sekaligus khasiat-khasiat dan "obat" yang diracik sendiri oleh dr. Zaidul Akbar, namun saya tersadarkan dengan penyataan dr. Zaidul Akbar bahwa kita jangan terkesan oleh khasiat dari obat yang dirinya presentasikan tapi harus takjub dengan maha besar Allah yang telah menciptakan berbagai obat untuk kita. Kurang lebih begitu narasi yang beliau sampaikan.


Banyak hal menarik yang disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar. Salah satunya contohnya kita bisa perbanyak mengonsumsi prebiotik karena terbukti dapat mencegah atau memperbaiki sistem gastroenteritis (pencernaan), memperkuat sistem imun, dan melawan infeksi yang dapat menyebabkan diare, mencegah autoimun, bahkan penyakit autisme. Hal ini baru banget bagi saya karena dulu berpikir bahwa prebiotik hanya solusi bagi berbagai penyakit seputar pencernaan saja.


dr. Zaidul Akbar memaparkan kembali "resep rahasia" yang mungkin hanya diketaui beberapa orang misalkan dalam pengobatan penyakit jantung, kita bisa menggunakan ketumbar dan madu sebagai salah satu obatnya, dan ada tips memilih ketumbar pun harus yang gelap dan lonjong karena yang bersih kebanyakan sudah diberikan zat pemutih.


Dalam ngezoom bareng dr. Zaidul Akbar menambahkan lagi bahwa untuk mengatasi penyakit jantung selain dengan pengobatan secara herbal, hal yang terpenting yang perlu kita lakukan adalah mengubah pola dan kebiasaan makan, hal sederhana yang dapat dilakukan dengan mengonsumsi ubi kukus sebagai pengganti nasi. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti salad atau pecel (juga boleh) atau rumput laut atau kolang-kaling atau lidah buaya. Pengencer darah bisa diganti dengan bawang putih, cuka apel, madu, dan jahe.  Kita juga bisa memperbanyak konsumi bawang-bawangan, menambah konsumsi bawang-bawangan bisa dengan cara memasak sup dan ditambahkan proporsi bawang yang cukup banyak. Hal itu pun disudah dijelaskan dengan mendalam di Buku Resep Sehat JSR .


Banyak hal "daging" yang disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar tentang kesehatan, namun ada kalimat yang menohok saya secara pribadi yaitu "Jadikan makanan sebagai obat, bukan obat sebagai makanan" nah saya jadi berpikir langkah pertama untuk menjadi sehat adalah mengubah pola makan, dan saya sendiri sadar bahwa pola makan yang saya lakukan tiap hari cukup berantakan.




Setelah mengikuti acara ngezoom bareng dr. Zaidul Akbar jadi semakin paham bahwa kita harus sepenuhnya yakin bahwa segala penyakit bisa sembuh asalkan dengan kehendak Allah. Sebagai manusia kita harus mencari obat penyembuh yang telah Allah ciptakan sekaligus juga telah Rasulullah contohkan. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan, dalam artian kita harus menjaga makan agar iman dan imun semakin tebal. 


Terima kasih kepada dr Zaidul Akbar yang telah memaparkan hal luarbiasa, sekaligus terima kasih juga kepada Sygma dan Syaamil Quran yang telah memfasilitasi saya untuk mengikuti acara ini. Salam sehat dan kuatkan iman serta imun. 

 

Wednesday, March 3, 2021

5 Alasan Kece Kenapa Masih Ngeblog

8:44 PM 0

 


Man-teman tahu manusia purba ? please jangan nunjuk saya, tahu nggak sih manusia purba aja punya hobi ngeblog loh ? nggak percaya coba perhatikan artefak-artefak peninggalan manusia purba di gua-gua yang tersebar luas. Sekalipun dulu masih zaman praaksara dalam artian belum dikenal sistem huruf tapi manusia purba sudah ngeblog loh di medium dinding gua.

Ngeblog Adalah Bentuk Eksistensi

So pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang butuh eksistensi dan banyak bukti eksistensi yang dituangkan dalam bentuk tulisan, Kalau zaman purba dituangkan dalam coretan dinding, lalu maju ratusan tahun berikutnya melalui prasasti, bahkan tokoh Majahapit paling tenar kalau ia hidup di zaman sekarang udah punya jutaan followers mungkin, ialah Gajah Mada. Ia menulis sumpah yang paling terkenalnya yatu sumpah palapa dalam bentuk tulisan di batu. Masuk ke era milenial, manusia kekinian menyatakan eksistensinya melalui coretan di media sosial termasuk blog. Salah satu alasan saya kenapa masih menulis blog adalah eksistensi. Siapa tahu ratusan tahun yang akan datang tulisan ini akan menjadi benda bersejaraha layaknya artefak dan prasasti.

Media Mempertajam Ilmu

Alasan kece lainnya kenapa masih ngeblog dan tidak beralih ke Youtube ialah lebih mudah mempertajam ilmu melalui tulisan dibanding video. Kalau video kita harus memutar ulang ke detik berapa untuk melihat informasi yang kita mau sedangkan blog tinggal search keyword saja.

Saya punya pengalaman unik menggunakan blog sebagai media untuk mempertajam ilmu. Dulu ketika masih kuliah, dipaksa harus menguasai materi perkuliahan dari mulai semester 1 hingga 8, kata dosennya nanti di sidang mereka akan menyisipkan pertanyaan seputar materi perkuliahan, selain pertanyaan tentang isi skripsi tentunya. Sejak tahu itu, saya mulai merangkum materi dan mencoba sekuat mungkin memahaminya dengan cara menuliskan kembali materi perkuliahan itu di blog tanpa melihat catatan sama sekali. Indikator saya sudah hapal materinya tersebut jika sudah lancar menulis tanpa ada keinginan untuk membuka catatan.

Draft Rancangan Buku

Layaknya kisah Raditya Dika yang catatan di blognya disusun menjadi sebuah buku, dan hal itu mengantarkan dia menjadi Influencer terkenal hingga saat ini. Saya juga mencoba menirunya, jika Raditya Dika menjadikan tulisan di blognya menjadi buku "Kambing Jantan" Saya mencoba menulis di blog dan menjadikannya buku "Menuntaskan Rindu" yang dulu ditulis bersama mantan pacar yang sekarang sudah jadi istri haha.

Jika Beruntung Bisa Dapat Jodoh

Masih nyambung dengan alasannya sebelum ini, dulu saya bersama mantan pacar yang sekarang jadi istri mencoba "berbalas" tulisan melalui blog dan jadilah Novel "Menuntaskan Rindu". Ternyata Allah tidak hanya merestui kami untuk menulis blog bersama tetapi merestui kami untuk menulis nama di masing-masing buku nikah yang kami pegang. Alhamdulillah dari nulis sudah dapat istri hehe.

Nah, untuk yang masih jomblo siapa tahu mau mencoba dengan menulis blog siapa tahu dapat jodoh, kan asyik banget tuh.

Berpotensi Dapat Cuan

Sebagai penutup dari tulisan "5 Alasan Kece Kenapa Masih Ngeblog" ialah cuan. Tak bisa dipungkiri di zaman sekarang itu dari keahlian menulis kita bisa dapat uang, bahkan saya punya banyak teman yang sepenuhnya mengandalkan "Tulisan" sebagai sarana untuk mencari penghidupan, tentu di dalamnya termasuk menulis blog. Alhamdulillah, sekalipun tulisan saya masih sangat sederhana dan blog ini belum teroptimalisasi banyak tapi sudah bisa menghasilkan cuan lewat tulisan.

Jujur saya dalam dunia blogging saya masih sangat pemula tapi alhamdullillah perantara menulis bisa menyisihkan cuannya menjadi Laptop dan HP. Lumayan sebagai sarana untuk menulis lagi. Lebih jauh lagi cuan terbaik dalam menulis blog adalah mendapatkan "cuan" berupa ilmu pengetahuan, dari seringnya kita blogwalking bisa dapat ilmu dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Yuk bareng-bareng budaya untuk ngeblog lagi.

Monday, February 15, 2021

5 Alasan Ajaib dari Anak untuk Izin Belajar dari Rumah

9:18 PM 1

 

alasan-nyeleneh-izin-pembelajaran-daring

Tak terasa sudah setahun lebih mengajar dalam keadaan pandemi seperti ini, pembelajaran di era pandemi yang kemudian sering dikenal dengan istilah BDR (Belajar dari Rumah) banyak sekali dinamika yang mewarnai. Di mulai kendala guru terhadap teknologi yang digunakan dalam pembelajaran, jangankan guru senior, saya saja yang masih 20-an sering banget mengalami kegaptekan terutama dalam hal editing. Semisal penggunaan green screen dan bermacam-macam pernak-perniknya.


 Guru sangat dituntut untuk kreatif karena di pembelajaran dalam jaringan (daring) ini mengupayakan menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik. Saya pernah mencoba memakai zoom namun terkendala jaringan yang bikin gemes banget, putus, nyambung, putus, nyambung mulu kaya anak ABG yang lagi dimabuk cinta monyet. Walhasil mencoba membelajaran menggunakan Youtube dengan cara saya membuat video berbekal green screen dan kemampuan editing yang pas-pasan. Hasilnya lumayan  banyak siswa yang mengikuti pembelajarannya dengan baik, namun tak ada gading yang tak martin, eh retak maksudnya ada beberapa siswa yang teguh banget untuk nggak ngerjain tugas. 


Saya coba dong menghubungi anak-anak yang nggak mengerjakan tugas tersebut. Kata bijak sudah saya layangkan via WhatsApp tinggal menunggu balasan. Beberapa orang ada yang membalas dengan alasan unik bin ajaib, beberapa juga ada yang gitu deh. Lebih sejalasnya saya buat poin-poin deh biar kaya judul artikel binti curhat ini. Berikut alasan-alasan ajaib mereka :


1. Nggak Ngasih Alasan


Nah dari judulnya aja sudah bingung bukan karena memang benar sebagian dari mereka nggak ngasih alasan sama sekali. Ketika saya memborbardir mereka dengan kata bijak di WhatsAPP. Beberapa ada yang cuma ngeread aja. Iya ngeread aja, sakit nggak tuh diread aja sama murid sendiri. Kalau di dunia nyata seperti gini, ada guru bertanya ke siswa nah berkali-kali ditanya malah diem, ditanya lagi diem, ditanya lagi diem, yang ditanya manusia apa patung duh.


2. Ikut Orangtua ke Luar Kota


Pernah suatu hari saking gemesnya kepada seorang siswa yang jarang mengikuti pembelajaran daring, akhirnya mencoba menanyakan kepada orangtuanya terkait kenapa anaknya sudah berkali-kali tidak ikut belajar.

"Assalamualaikum Pak. Ini dengan Bapaknya Mawar,"

"Walaikumsalam. Bukan Pak ini KFC. Mau pesan apa ?"


Kurang lebih bukan begitu percakapannya. Saya menanyakan kepada orangtuanya kepada Mawar nggak pernah ikut belajar, Bapaknya jawab karena anaknya ikut diajak liburan ke luar kota. Tadi gemes sama anaknya, kok sekarang jadi gemes dengan bapaknya karena nganggep pembelajaran online udah kaya liburan aja. Apalagi ketika pandemi yang sebaiknya di rumah aja. Sekalipun harus ikut dengan anaknya ke luar kota, nggak setiap minggu juga kali yah ?


3. HPnya Tukeran dengan Si Doi


Kebetulan saya mengajar tingkat SMA/SMK yang dalam usia segitu beberapa anak sedang mengalami kebucinan tingkat tinggi. Pernah menemukan alasannya tidak ikut pembelajaran daring yang uwuw banget tapi dalam konteks negatif. Yaap mereka tukeran HP satu sama lain dan segala informasi di grup kelas katanya ke Skip. Walah saking bucinnya guru aja dianggap kerupuk di tukang mie ayam, yang sering kali nggak dianggap.


4. Layar Hpnya Retak


Beberapa minggu lalu sering banget menggunakan pembelajaran melalui Google meet dikarenakan bosen zoom yang waktu belajarnya cuma 30 menit untuk akun non premium. Setelah pembelajaran berlangsung 2 minggu, ada seorang anak ngechat saya dengan alasan tidak bisa ikut pembelajaran daring dikarenakan layarnya retak. Seketika otak saya berpikir "Jangan-jangan layarnya retak karena keseringan lihat wajah saya nih, jadi HPnya aja nggak kuat," dipikiran itu ditepiskan karena anak itu bilang bahwa HPnya jatuh. Duh semoga HPnya bisa bangkit lagi agar tidak tenggelam dalam lautan luka dalam.


5. Ganti-Ganti Alasan


Tipe anak kali ini entah pinter atau memang kelewat merasa pinter sehingga guru nggak pernah curiga dengan berbagai alasan yang dia utarakan. Bayangkan saja minggu pertama alasannya nggak ikut pembelajaran daring karena neneknya meninggal, minggu selanjutnya adiknya dikhitan, minggu berikutnya ikut orangtuanya ke luar kota, nah eh ternyata nomor 5 dengan nomor 2 adalah orang yang sama nih.


Sebenarnya banyak banget sih alasan siswa yang nyeleneh untuk menghindari belajar dari rumah, namun gurunya harus menyiapkan pembelajaran untuk besok meski tahu akan ada aja siswa yang nggak hadir dengan alasan yang ajaib

Thursday, January 14, 2021

Cara Memilih Domain yang Unik

10:12 PM 0

 


Zaman sudah bergeser dengan cepat, dulu kita menulis sesuatu di meja atau bahkan yang paling ekstrim di dinding toilet namun di mulai tahun 2010 ke atas munculnya media sosial yang memfasilitasi kita untuk curhat apapun dari yang inspirasi hingga yang receh seperti cinta-cinta dan joke bapak-bapak. Berbicara medial sosial seperti Facebook.com atau instagram.com memiliki alamat situs yang bernama domain, jadi sebenarnya tulisan, curhat atau file kita di Facebook dan Instagram sebenarnya cuma nebeng karena kita tidak menggunakan alamat domain sendiri.


Kalau kita suka curhat sebaiknya posting disitus pribadi, semakin keren bila situs pribadinya memiliki domain yang unik dan mudah diingat. Kita contoh saja tiktok.com, namanya gampang diingat banget dan hal itulah yang menjadi aspek nama tiktok semakin melejit. Dulu sebelum Raditya Dika menjadi seorang Youtuber, Stand Up Comedian terkenal dan penulis nasional, dia adalah seorang yang suka curhat tentang kisah cinta di blog pribadinya. Hal itulah awal muka buku pertamanya terbit yaitu kambing jantan. Nah kita juga bisa menirunya dengan mulai memiliki blog pribadi tapi tak sekadar blog pribadi harus juga memiliki domain yang unik.


Saya punya 1 blog lagi dengan nama domain agilang.id, selain namanya yang mudah diingat tidak seperti blog yang saya ini cukup sulit melafalkanya karena dari nama pribadi. Nah di sini saya akan membagikan tips bagaimana cara memilih nama untuk domain yang unik sebagai berikut :


1. Nama Domain Harus Mudah Diketik


Harus diakui ini adalah masalah utama dalam blog saya, karena saya memakai nama pribadi yang kebetulan susah untuk diketik karena terdiri dari huruf-huruf konsonan. Nah teman-teman jangan sampai seperti saya memiliki blog dengan nama yang sudah diketik, pastikan nama blog teman-teman pengucapan dan pengetikan sama misalkan storeaja.com kalau untuk jualan atau jualinaja.id. Kedengaran keren dan mudah diingat tentunya. Contoh lainnya misalkan Hoster.co.id, namanya mudah diingat plus kita tahu bahwa Hoster.co.id adalah penyedia hosting, domain dan segala kebutuhan untuk persiapan go digital.


2. Usahakan Memilih Nama Domain yang Pendek


Kenapa harus memilih nama domain yang pendek ? ini sebenarnya berkaitan dengan nomor satu bahwa domain yang kita pilih itu harus mudah diketik. Jangan sampai kita punya domain panjang banget sehingga susah untuk diingat. Kita perhatikan bahwa media-media sosial yang terkenal segera memiliki nama yang gampang banget diingat seperti tiktok, twitter bahkan facebook. Bayangkan jika ada media sosial atau blog pribadi memiliki domain bernama akuchayangclaludiaampemathi.com susah banget diingat sekaligus diketik plus tidak terlihat profesional.


3. Memilih Nama Domain yang Sesuai Dengan Isi Website/Blog


Memilih nama yang sesuai dengan tulisan atau isi website adalah hal yang penting, jangan sampai bernama teknogaul.com tapi yang dibahasnya seputar parenting dan cara mendidik anak. Kesesuaian nama domain dengan isinya sangat mempengaruhi sejauhmana blog kita dapat dengan mudah dikenal oleh orang sehingga jika orang itu mencari informasi yang berkaitan dengan hal tersebut maka akan kembali ke website/blog kita. Jika isi blog kalian memiliki banyak tema tulisan bisa menamainya dengan nama pribadi atau plus kata catatan lalu dilanjut nama dan beragam versinya lainnya.


4. Pilih Di Penyedia Domain yang Terpercaya


Memilih domain hampir sama dengan memilih pasangan hidup karena akan menemani kita di waktu yang panjang banget, jangan sampai memilih domain hanya untuk setahun karena penyedia jasa domain kurang bagus. Nah saya punya rekomendasi penyedia jasa domain yang bagus yaitu Hoster.co.id. Kenapa Hoster ? karena di sini kita bisa memilih beragam domain dari mulai com hingga id yang indonesia banget. Plus lagi banyak diskon yang pasti banget buat kita khilaf. 


Cara belinya juga cukup mudah dong, kita tentukan domain yang akan kita pilih sesuai dengan tips yang saya berikan tadi, selanjutnya kita continue untuk melanjutkan pembayaran. Nah perihal pembayaran di Hoster ini kita dimudahkan untuk melakukan pembayaran karena tersedia banyak loh metode pembayarannya dimulai transfer bank, virtual akun, ovo, gopay, paypal bahkan kita juga bisa bayar di Alfamidi dan Alfamart, jadi nggak ada alasan lagi dong untuk tidak memiliki domain yang unik kalau kita beli di Hoster.co.id


Cukup sekian tips dari saya mengenai memilih domain yang unik plus cara membelinya, barangkali teman-teman punya tips yang lain silakan coret-coret aja di kolom komentar. Sampai jumpa kembali di tulisan lainnya bye bye.


Wednesday, January 13, 2021

Cara Mendidik Anak yang Baik

10:03 PM 0
                                                       Sumber foto : Dancow.co.id

Alhamdulillah banget beberapa bulan lagi saya akan merasakan sensasi bagaimana jadi seorang ayah. Saat ini yang rasakan jujur saja pasti dagdigdug, selain mempersiapkan perihal kelahiran dan beragam hal yang lainnya. Sebenarnya yang paling saya takutkan ada "Bisakah saya mendidik anak dengan baik ?" sekalipun saya adalah seorang guru yang sudah lumayan terbiasa dalam mendidik anak, namun tentu berbeda perihal mendidik anak sendiri. Takut jika terlalu dikekang maka anak akan melawan, terlalu dibebaskan anak tidak tahu letak tanggungjawabnya.


Berbekal rasa ketakutan tersebut akhirnya saya mencari dari berbagai sumber bagaimana cara mendidik anak yang baik. Ternyata semakin banyak membaca ketakutan tersebut perlahan semakin redup, nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mendidik anak yang baik berdasarkan hasil saya membaca plus sharing sana-sini kepada orang yang berpengalaman dalam mendidik anak.


Pada hakikatnya kita semua tahu bahwa anak adalah buah hati dari Tuhan yang harus kita jaga. Mendidik anak pun menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang, tentu kita tak ingin mempunyai anak yang jauh  dari norma-norma yang kita terapkan tapi di sisi lain jika kita memaksakan kehendak kepada anak itu menjadi boomerang tersendiri.


Sebenarnya setiap orang punya cara mendidik anak yang baik versinya sendiri, namun kali ini saya akan paparkan cara mendidik anak versi "calon bapak" sekalipun masih calon tapi yuk belajar bersama. Berikut cara mendidik anak yang baik versi "calon bapak" :


1. Berikan Figur yang Baik


Di usia tertentu anak adalah pencontoh yang paling ulung, ketika ada mulai terbiasa berbicara dengan nada tinggi. Kita harus mulai intropeksi diri, jangan-jangan kita yang mencontohkan dia berbicara dengan nada tinggi. Sejatinya perintah yang paling baik adalah suriteladan, jika kita mampu memberikan teladan bagi anak niscaya anak juga akan mencontoh sikap kita. Satu hal yang paling penting, jangan pernah memperlihatkan pertengkaran kita dengan pasangan di depan anak karena hal itu akan menjadi traumatik sendiri bagi dia.


2. Menjadi Pendengar yang Baik Baginya


Pada dasarnya anak haus akan perhatian baik perhatian. Salah satu bentuk perhatian ialah dengan menjadi pendengar yang baik bagi si buah hati. Memang tak bisa dipungkiri dengan berbagai kesibukan di dunia kerja, waktu kita bagi anak akan berkurang tapi pastikan menyisihkan waktu khusu untuk mendengarkan dia bercerita. Kita bisa memancing dengan kata "Dek hari ini adek ngapain aja ?" dari hal tersebut tentu dia akan bercerita panjang kali lebar, pastikan kita fokus ke dia jangan disambi dengan main HP atau melakukan aktivitas lainnya agar dia merasakan dirinya diperhatian. Kelak ia akan tumbuh menjadi orang yang penuh rasa simpati.


3. Temani Saat Belajar dan Tunjukan Belajar Itu Menyenangkan


Quality time bukan hanya bermain tapi belajar bersama juga dapat membangun bounding yang baik dengan si kecil.  Menemani mereka belajar adalah cara kita menemukan minat mereka pada bidang apa, jangan sampai kita tidak tahu minat mereka, dan nanti setelah dewasa memaksakan jurusan kuliah yang tidak mereka sukai. Menunjukan cara belajar yang menyenangkan juga menumbuhkan agar mereka menyukai aktivitas belajar. Ketika mereka suka belajar maka rasa penasaran terhadap ilmu pengetahuan akan muncul, tentu kita juga harus mengarahkannya.


4. Penuhi Asupan Nutrisinya


Selain mendidik secara "dalam" kita juga harus memberikan asupan nutrisi bagi si kecil dengan memperhatikan aspek kesehatan baginya. Jangan sampai kita terlalu dengan pola mendidik tanpa memperhatikan asupan makanan yang baik baginya. Pastikan ia mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sesuai dengan ajuran pemerintah. Kita juga bisa menambahkan asupan Dancow Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.


Nah itulah tips dari saya bagaimana cara mendidik anak yang baik. Jika teman-teman punya versi yang berbeda silakan tulisakan di kolom komentar. Yuk pastikan kita menciptakan generasi muda yang cerdas sekaligus dan mandiri.


Sunday, January 10, 2021

Teachers : Guru Gokil dengan Tugas Tak Terduga

8:47 AM 0

  


Guru biasanya penuh dengan kelembutan bahkan tutur katanya halus plus mampu menenangkan siswa, terlebih guru sekolah dasar yang pastinya penuh kesabaran untuk mengangani siswanya yang penuh problematika. Lalu bagaimana jika seorang guru olahraga yang sering bercengkrama dengan kita memiliki tugas yang tak biasa ? pasti seru banget.


Guruku Ternyata Polisi


Diceritakan seorang polisi yang memiliki energi sangat berlebih bernama Agnes, ia mempunyai seorang komandan yang ternyata pamannya sendiri. Di kesatuannya Agnes sering membuat onar dengan segala tingkah lakunya. Pamannya dan anggota lainnya merasa terheran-heran dengan kelakuan Agnes. Tibalah suatu hari Agnes mendapatkan tugas untuk menangkap gempong narkoba. Agnes yang terobsesi sekaligus mengidolakn Bruce Willis merasa tertantangan dengan tawaran dari Komandan yang merangkap menjadi pamannya tersebut. 


Agnes bertanya-tanya, ia akan menyelidiki gempong narkoba di mana ? jawabannya Komadannya tak terduga. Ternyata gembong narkobanya itu ada di sekolah dan Agnes harus melakukan menyelidiki kepan siswa, wali murid, staff hingga guru, agar penyelidikan tidak ketahuan Agnes harus menyamar menjadi seorang guru olahraga di salah satu sekolah dasar.

 


Tentu, awalnya Agnes merasa tak nyaman harus menjadi seorang guru karena dia tak memiliki latar belakang sebagai pendidik. Di sisi lain Agnes mendapatkan tantangan dari Kepala sekolah untuk melatih siswa yang lemah secara fisik agar bisa memiliki ketahanan tubuh yang baik untuk berolahraga bahkan kalau bisa memenangkan sebuah perlombaan olahraga. Tentu Agnes kelimbungan untuk ada seorang guru bernama Meg yang mencoba membantu Agnes.


Hari pertama Agnes mengajar diwarnai dengan kekacau, belasan anak tepar karena Agnes menyerahkan kegiatan pembelajaran ke Ketua Kelas yang bersifat "Yes Boss". Akhirnya Agnes diminta membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) ia kebingungan apa itu RPP.  Melalui negosiasi kocak akhirnya Meg mau membantu.


Malam Meg ke rumah Agnes sambil menyerahkan RPP sekaligus numpang ke toilet, di salah satu ruangan Meg menemukan berbagai senjata api milik Agnes. Awalnya Meg kaget menyangk hal tidak-tidak kepada teman barunya ini, namun secara mengejutkan Agnes mengakui bahwa dirinya adalah seorang polisi yang sedang menyelidiki kasus gembong narkoba di sekolah tempat mereka mengajar. Meg tertarik untuk bergabung dengan Agnes dan di mulailah petualang mereka untuk mencari gembong narkoba.

 

 


Penyelidikan berlangsung seru karena ada efek kejar-kejaran mobil yang memacu adrenalin, hingga pertandingan olahraga anak didik Agnes yang membuat perut kekocok karena tingkah konyolnya, namun pada suatu keadaan Agnes menyerah untuk menyelediki gembong narkoba ini, itu kenapa ? nah selengkapnya bisa ditonton secara streaming di www.stro.tv Kita bisa berlangganan nonton film Teachers dengan berlangganan apps premium dari STRO cukup dengan 10 rupiah murah bangetkan ? selain itu dapat film streaming indonesia lainnya lagi.


Hal yang menambah keseruan film ini adalah pemainnya yang dibintangi oleh Yova Gracia, Estelle Linden, Tarzan, Candil, Tyas Mirasih, Teddy Syah, Indra Bekti, Babe Cabita, Henky Sulaiman, inggrid Widjanarko, TJ, Young Lex, Dimas Danang, Elly Sugigi, Rizky Mocil, Epy Kusnandar, Garry Iskak, Raim Raode, Sinyo Riza, Kevin Bzezovski Taroreh, Keandra Sophia, Rassya Hidayah, Marcello Mahesa, Excel Muno, Malliq Mulyawan dan Basel Gamaliel duh sampai cape ngetik karena terlalu banyak artis, bintang film dan influencer yang main di film ini. Nah film ini sudah tayang tanggal 8 Januari 2021  di layanan streaming STRO


Lalu Apa itu STRO ?


Ditambah film Teacher sendiri merupakan film original hasil dari kolaborasi SAS Film, SKYLAR PICTURE & STRO yang khusus dihadirkan di STRO. Sekadar informasi STRO ini adalah aplikasi streaming berbasis subscription (SVOD) dari Stroworld. STRO sudah menyajikan film-film menarik loh di antaranya :


1.     Local Movie  seperti film Rumah Malaikat, Mereka yang Tak Terlihat, Surat Untukmu dan masih banyak lagi

2.      Imported Movie  seperti Dear John, Predestination, Once Upon a Time in Venice dan masih banyak lagi

3.     Original Movie yaitu film yang hanya dapat disaksikan di aplikasi  STRO


Kuy buruan nonton film Teachers ini karena banyak keseruan sekaligus pesan moral menyentuh yang akan kita dapat plusnya lagi kita dapat menonton film lainnya hanya dengan membayar 10 ribu aja loh, iya beneran hanya 10 ribu. Kunjungi situs www.stro.tv atau unduh aplikasi stro di Playstore teman-teman.