UMKM Berdaya Bersama BRI

Indonesia berhasil lolos dari goncangan ekonomi saat pandemi membuat panik dunia, kini aksi boikot terhadap beberapa produk kembali membuat risau para pelaku usaha. Aksi boikot ini jika berlangsung lama maka akan ada kemungkinan terjadinya gelombang PHK, bahkan beberapa perusahaan sudah merumahkan karyawannya akibat turunnya omzet penjualan.


Sembari menunggu pemerintah dalam menangani masalah ini, adakah yang bisa kita lakukan? Karena perut lapar tidak bisa kenyang hanya dengan menunggu bukan?


Membuka usaha adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mendorong pemulihan yang lebih kuat dan ketahanan ekonomi. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nyatanya memiliki peran penting terhadap perekonomian Indonesia, 3 peranan itu ialah :

1. Sarana pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil

2. Sarana mengentaskan kemiskinan

3. Sarana pemasukan devisa bagi negara


Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di tahun 2021 terdapat 64,2 juta unit UMKM di Indonesia dengan serapan tenaga kerja sebesar 97 persen dari total angkatan kerja juga mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi.

Data di atas jelas membuka peluang bagi siapa saja yang ingin mencoba untuk membuka usaha, namun ada satu kendala besar UMKM yaitu permodalan. Persyaratan pengajuan kredit kepada perbankan cukup sulit dipenuhi oleh UMKM di Indonesia.


BRI Berdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

Kendala besar UMKM kini telah memiliki jalan keluar, peluang terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin membuka usaha. Persyaratan mudah untuk pengajuan kredit guna memperoleh modal usaha.


Terdapat 2 pilihan pinjaman untuk usaha mikro, diantaranya :


1. Kredit Usaha Rakyat

Kredit Modal Kerja atau Kredit Investasi dengan batas atas kredit hingga Rp500 juta diberikan kepada usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi bisnis produktif yang akan mendapat jaminan dari Perusahaan penjamin.

Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon debitur :

KUR Mikro BANK BRI

  1. Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak
  2. Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  3. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  4. Persyaratan administrasi : Identitas bereupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha

KUR Kecil BANK BRI

  1. Mempunyai usaha produktif dan layak
  2. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  3. Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  4. Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan

KUR TKI BANK BRI

  1. Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  2. Persyaratan administrasi :
    • Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga
    • Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
    • Perjanjian penempatan 
    • Passpor
    • Visa
    • Persyaratan lainnya sesuai ketentuan

2. Kupedes

Kredit dengan bunga bersaing yang bersifat umum untuk semua sektor ekonomi, ditunjukkan untuk individual (badan usaha maupun perorangan) yang memenuhi persyaratan dan dilayani di seluruh BRI Unit dan Teras BRI.


Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mengajukan kredit Kupedes


1. Dokumen

Melampirkan legalitas usaha (Minimal surat keterangan usaha dari Kepala Desa / Lurah / Pasar).


2. Identitas Diri

Melampirkan dokumen identitas diri KTP / SIM


3. Pengalaman Usaha

Pengalaman usaha minimal 1 tahun.


Kehadiran BRI untuk Indonesia dalam memberdayakan ultra mikro dan UMKM turut serta dalam membangun perekonomian negara, lebih jauh lagi digitalisasi BRI membuat setiap transaksi semakin mudah dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Kemudahan ini membangkitkan kembali semangat berjuang untuk pemulihan lebih cepat dan ketahanan ekonomi Indonesia.


Waaah ternyata persyaratan pengajuan kredit usaha sangat mudah ya, jika masih ada pertanyaan yang mengganjal langsung saja datang ke bank BRI terdekat. Customer Service BRI akan dengan senang hati menyambut kedatangan Anda dan menjawab setiap ketidaktahuan. Jadi, sudah siap untuk memulai usaha atau membesarkan usaha yang sedang digeluti?


Tetap semangat ya Pahlawan UMKM, yakinlah bahwa setiap niat baik kita akan Tuhan mudahkan, salam sukses untuk kita semua.

Post a Comment