Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Mudah

 


Di era yang dituntut harus segala cepat ini, kendaraan pribadi menjadi prioritas bagi sebagian orang karena jika naik kendaraan umum waktu yang digunakan terlampau panjang dan sulit menjangkau beberapa titik tertentu. Penggunaan mobil/motor online memang membantu namun semakin mahalnya tarif juga memicu orang untuk lebih baik memiliki kendaraan sendiri termasuk mobil pribadi.


Seiring perkembangannya banyak orang yang cukup kesulitan dalam merawat mobil dimulai dari mesin hingga yang harus rutin kita bersihkan yaitu jok mobil. Bayangkan jika kita mempunyai mobil lalu mengajak teman, saudara bahkan seseorang yang spesial untuk naik mobil kita, namun keadaan jok kotor bahkan berjamur, terbayangkan reaksi mereka ? pasti merasa jijik dan tidak mau naik mobil kita bahkan akan menganggap kita jorok karena tidak bisa merawat hal-hal kecil seperti jok mobil.


Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaima caranya untuk membersihkan jok mobil dengan mudah sehingga siapa saja bisa melakukannya, berikut adalah langkah-langkahnya :


A. Membersihkan Jok Berbahan Kulit


1. Bersihkan Sampah


Sampah menjadi hal utama yang memicu jok mobil terkesan berantakan maka yang pertama harus kita lakukan tentu memungut sampah yang berserak sehingga jok terbebasa dari sampah yang bisa dilihat.


2. Gunakan Vacuum


Di awal kita membersihkan sampah yang bisa diangkat oleh tangan, tetapi ada juga "sampah" yang kita bisa diangkat oleh tangan yaitu debu. Tentu kita gunakan Vacuum cleaner untuk mengangkat debu di jok mobil, perhatikan juga sela-sela jok mobil jangan sampai ada debu yang tertinggal.


3. Semprotkan Sprayer


Selain kotoran yang terlihat dan tidak terlihat, ada juga noda yang membekas sekaligus berbau yang harus kita bersihkan. Noda itu tentunya tidak bisa diangkat oleh vacuum karena bersifat membekas. Caranya isi botol spray dengan detergen dan bisa juga ditambahkan pewangi agar menimbulkan efek harum. Semprot noda yang membekas tadi.


4. Sikat


Setelah disemprot dengan detergen, bekas noda yang tadi disikat berkali-kali hingga nodanya mulai perlahan hilang. Sikatnya jok kulit mobil secara perlahan agar tidak merusak bagian kulit dari jok.


5. Keringkan


Sesudah langkah di atas selesai maka kita harus mengeringkan jok. Caranya dengan hisap  dengan penyedot debu setiap bagian yang akan dikeringkan.  Jika tidak ada penyedot debu kita bisa gunakan pengering rambut yang biasanya kita miliki di rumah, setelah itu langsung di blower dengan hair dryer.


6. Tambahkan lagi pengharum


Jika dirasa baunya sudah tidak ada, kita bisa tambahkan lagi pengharum sesuai dengan selera kita agar menambah kesan bersih dari jok mobil.

 

B. Membersihkan Jok Berbahan Dasar kain

 

Jika tadi kita belajar cara membersihkan jok mobil berbahan dasar kulit, kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya membersihkan jok berbahan dasar kain. Pada dasarnya ada perbedaan yang mendasar antara jok yang terbuat dari kain dan kulit. Berikut cara membersihkan jok yang terbuat dari kain.


1.   Bersihkan Debu dengan Vacuum


Bersihkan debu dan remah-remah kotoran pada jok dengan vacuum cleaner agar tidak ada noda yang tersisa pada jok mobil kita. Pastikan juga sudah membersihkan sela-sela tersembunyinya


2.   Isi Ember dengan Air Hangat

Pada dasarnya air hangat tidak merusak lapisan kulit yang ada jadi sebaiknya daripada menggunakan air dingin lebih baik air hangat, setelah itu tuangkan deterjen yang kita sukai. Kalau saya lebih prepare Rinso Anti noda yang cair.


3.   Gosok Seluruh Bagian Jok


Rendam spons ke dalam embe yang telah diisi air hangat dan detergen. Kemudian, remas spons dan gosokkan pada seluruh bagian jok mobil.  Tipsnya Jangan biarkan jok terlalu basah dan hindari penggunaan spons yang terlalu besar agar jok lebih cepat kering.


4.   Basahi dengan Air Dingin


Setelah jok mobil bersih, basahi handuk dengan air dingin. Gosok seluruh permukaan jok dengan handuk tersebut untuk menghilangkan residu detergen.


Nah sekarang sudah tahukan bagaimana caranya membersihkan jok mobil, baik itu yang berbahan kulit maupun kain. Sekarang yuk aplikasikan segera, selamat mencoba

 

 

Post a Comment