2019, Tahun Penuh Tantangan

2019, tahun penuh tantangan terutama untuk generasi muda. Sekarang bukan lagi era Industri, makanya jangan kaget ketika banyak perusahaan/pabrik besar yang bangkrut, minimal perampingan karyawan.

Sekarang zamannya internet of thinking. Segalanya berbasis internet, yang lincah di dunia maya, merekalah yang kaya. Bukalapak, Tokopedia, Gojek ialah perusahaan besutan anak Indonesia yang pintar melihat peluang.

Mungkin mereka tidak kepikiran daftar CPNS seperti saya, mereka berlomba mencari celah peluang di dunia yang serba digital.

Di sisi lain upah minimum regional (UMR) yang semakin naik seperti pisau dengan kedua sisi, di sisi lain menyenangkan karyawan tapi membingungkan pemilik perusahaan. Mereka berlomba membeli mesin canggih yang mampu mengefisienkan jumlah pekerja, atau lebih parahnya mereka pindah ke negara dengan upar lebih murah.

Apakah salah pengusaha ? nampaknya tidak. Era digital menuntut semua pekerjaan menjadi lebih efisien.

Pengusaha era digital banyak mengiklan via FB Ads, Ig Ads untuk memasarkan usahanya, tidak lagi memasang iklan di TV karena TV juga perlahan ditinggalkan, banyak artis beralih jadi Youtuber hihi.

Sisi lainnya pekerjaan yang dulu tidak lazim bermunculan, Youtuber, Selebgram, Buzzer, Reviewer, Blogger dan masih banyak pekerjaan lain yang membutuhkan daya kreatif yang tidak ada di dalam "Otak" sebuah mesin.

Makannya tidak aneh di tahun 2019, makin banyak anak yang bercita-cita menjadi Youtuber, blogger, konten kreator dan pengusaha yang mantengin laptop tapi uang ngalir.

Nychken Gilang, Tukang ketik di FB, Ig dan www.nychken.web.id

2 comments