Bersama Persiapkan Masa Depan

 Kehidupan tak lepas dengan berbagai kejutan yang mendera, terkadang menuntut kita mempersiapkan segala hal yang mesti dijaga. Di mulai kesehatan keluarga hingga persiapan hari tua. Wajar jika manusia khawatir dengan segala hal yang dia punya tetiba hilang begitu saja. Berbagai upaya dilakukan untuk melindungi kenyamanan yang telah diperoleh dari mulai proteks berupa asuransi kesehatan hingga asuransi proteks seperti barang.

                                            Sumber foto : Pixabay


Kemalangan Tak Dapat Dihindari


Kita sudah mengondisikan diri untuk terhindar dari kemalangan seperti kecelakaan dan kehilangan barang namun tetap saja hal tersebut tak membuat presentasi kemalangan menjadi 0 %. Demi menanggulangi hal tersebut perlu proteksi yang kita siapkan untuk mengatasi berbagai "Kemalangan" di masa depan. Tak perlu takut menghadapi masa depan jika kita memiliki persiapan yang matang, berani lebih baik.

Contohnya: Kehidupan keluarga kita sudah nyaman, rumah sudah punya dengan kondisi yang mewah, kendaraan pun terjamin dengan berbagai tipe terkini. Keluarga pun lengkap dengan 2 orang anak sepasang dan pasangan pun saling pengertian. Tetiba kebakaran membakar rumah mewah yang sudah miliki plus kendaraan pun ikut terbakar, seketika segala hal yang dipunya hilang seketika. Kita nggak berharapkan hal itu semua akan terjadi kepada teman, saudara bahkan kita sendiri ? hal itulah yang membelakangi adanya asuransi yang memproteksi jiwa sekaligus harta.


Cara Memilih Asuransi yang Pas untuk Kita



                                                        Sumber Gambar : Pixabay

1. Terjangkau


Nominal angka tentu menjadi pilihan utama dalam membeli apapun tak terkecuali dengan memilih  asuransi ialah syarat utamanya tidak mahal (terjangkau). Terjangkau di sini bisa diukur berdasarkan penghasilan yang kita peroleh setiap bulannya. Asuransi harus disesuai dengan nominal pendapatan yang dipunya agar asuransi yang kita pilih tidak terlalu memberatkan. Adapun jika asuransi yang kita pilih terlalu rendah maka dikhawatirkan proteksi yang diberikan tidak maksimal dengan berbagai hal yang kita punya.

Mahal ini pun bisa diolah kembali, misalnya akan dibayarkan dalam periode waktu berapa bulan sekali. Pasalnya jika tarif preminya mahal namun premi tersebut dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, maka premi tersebut bisa dikatakan murah untuk dompet anda. Perimbangkan hal ini juga dalam tips memilih asuransi tanpa bingung.


2. Memahami Sistem Kerja Polisnya

Setelah kita mengetahui harga yang kita bayar untuk membeli asuransi yang dibutuhkan. Tahap selanjutnya adalah dengan mengetahui sistem kerja polis asuransi yang kita punya. Memang tidak semua agen asuransi memberikan pemahaman yang memadai tentang polis yang akan ditawarkannya. namun pemahaman akan polis asuransi yang akan anda beli nantinya itu sangat perlu dan penting. Maka sebagai tips memilih asuransi tanpa bingung, tentu saja memilih polis asuransi yang mudah untuk dipahami.

Polis yang mudah untuk dipahami itu artinya tidak banyak aturan atau persyaratan yang mengikat sehingga kemungkinan besar anda dapat melakukan proses klaim dengan mudah. Karena ada pula asuransi yang memang mempersulit proses klaim hingga merugikan pemilik asuransi dan anda harus berhati-hati di sini.


3. Orang Dekat Sudah Memiliki

Selanjutnya untuk tips memilih asuransi tanpa bingung ketiga adalah bahwa asuransi yang akan anda beli tersebut sudah dimiliki oleh rekan terdekat anda. Kepemilikanpun sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Maka asuransi tersebut bisa anda pertimbangkan untuk anda beli nantinya.

Tips memilih asuransi tanpa bingung ini juga akan semakin kuat apabila asuransi yang akan dibeli tersebut juga pernah diklaim tanpa adanya masalah oleh rekan anda. itu artinya perusahaan asuransi yang memberikan layanan jasa asuransi pada rekan anda adalah perusahaan asuransi yang sehat dan juga bertanggung jawab pada nasabahnya.


4. Memiliki Premi Terjangkau

Selanjutnya untuk tips memilih asuransi tanpa bingung yang terakhir adalah dengan memilih asuransi dengan premi ringan. asuransi dengan premi ringan ini umumnya tidak akan mengganti hingga 100% dari klaim yang diajukan. Namun dari situlah kita bisa memahami bahwa asuransi tersebut memang kita beli tidak untuk mengganti pengeluaran yang ada melainkan untuk membantu mengatasi pengeluaran kita.

Asuransi dengan biaya premi ringan adalah seperti asuransi karyawan bagi pekerja atau karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Asuransi ini memiliki sistem reimbursement sehingga tidak memilik harga premi yang mahal. Dan sebagai tips memilih asuransi tanpa bingung untuk mereka yang bukan karyawana adalah memilih asuransi konvensional tanpa berbagai penawaran lainnya.


Berbagai penawaran lainnya dalam hal ini adalah seperti menambahkan cakupan perlindungan, menambah layanan dan lainnya. kecuali kebutuhan tersebut diberikans secara cuma-cuma sebagai bentuk promosi dari suatu perusahaan asuransi untuk menambah jumlah nasabah asuransi mereka. Sehingga sebagai tips memilih asuransi tanpa bingung, cermatlah saat memilih mana promosi dan mana yang hanya akan menjadi pemberat bagi kita


Jenis Proteksi Asuransi di Indonesia

Asuransi umum di Indonesia sebenarnya ada banyak dari yang melindungi jiwa hingga kendaraan yang kita punya. Proteksi asuransi yang bisa kita pilih bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan kita. Asuransi umum yang ada di Indonesia sebagai berikut :


1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah hal yang basic yang diperlukan oleh setia orang. Asuransi kesehatan mengcover berupa, operasi, biaya perawatan, rawat inap, obat-obatan dan beragam tindakan medis lainnya. Asuransi kesehatan ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki. Salah satu produk asuransi kesehatan ialah Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu yang memiliki beberapa kelebihan seperti :

1. Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan 

2. Tidak ada batasan teritorial dan waktu

3. Pelayanan kesehatan independen

4. Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit

5. Sistem pembayaran klaim berupa Penggantian Pembayaran dan Non Tunai


2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang menanggung risiko kematian. Pada dasarnya setiap orang pasti akan meninggal, jangan sampai meninggal dengan membawa masalah finansila bagi ahli waris. Maka dengan adanya asuransi jiwa memberikan dukungan finansial untuk ahli waris.


3. Asuransi Kecelakaan

Beda halnya dengan asuransi kesehatan yang terfokus pada perawatan akibat suatu hal. Asuransi kecelakaan. Memberikan kita "Proteksi" jika sesuatu yang buruk menimpa kita selama perjalanan misalkan kecelakaan. Biaya korban kecelakaan akan dicover oleh memberi asuransi dimulai biaya perawatan hingga uang tunai atas risiko cacat fisik dan kematian akibat kecelakaan.


4. Asuransi Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu pondasi untuk mengubah suatu kondisi, jangan sampai gegara sesuatu yang terjadi kepada kita membuat pendidikan anak kita menjadi terabaikan. Seperti namanya asuransi pendidikan adalah asuransi yang diperuntukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak kita nanti yang semakin hari semakin mahal saja. Asuransi pendidikan dapat dimulai oleh pasangan muda yang merencakan anak mereka akan sekolah di mana dan seberapa besar biayanya nanti.

Itulah 4 asuransi utama yang seharusnya kita miliki agar "Kejutan" yang menimpa kita dapat diminimalisir dampaknya, terutama dampak pada finansial kita.

1 comment

  1. Asuransi memang bener perlu kita pahami dan kita jalani

    ReplyDelete