Friday, May 1, 2020

Mencari Laptop di Era Pandemi

Sudah hampir setahun lebih "hidup" tanpa laptop alias tidak punya laptop. Laptop terdahulu gugur di kala mengerjakan tesis, Padahal ia sudah menemani dari kelas 2 SMA. Semoga engkau tenang di alam sana, maafkan aku yang teledor membiarkanmu terhubung dengan listrik seharian, walhasil LCD menunjukan warna-warni yang mengerikan.

Selama tak punya laptop, diusahakan segala hal dilakukan HP dari mulai menulis,membuat video bahkan membuat soal untuk anak-anak. Setelah dirasakan selama setahun ternyata kurang nyaman. Terpaksa merogoh tabungan untuk membeli laptop.

Pengennya laptop 4 Jutaan tapi sudah  core i3 kalau bisa core i5, lalu ram minimal 4 giga dan sudah pakai SSD. Setelah ditelusuri via tokopedia dan lain-lain, hasilnya spesifikasi tersebut harus ditebus dengan harga kisaran 7 Juta ke atas, walah nggak sesuai dompet.

Walhasil nyari laptop bekas tapi mulus aja di FJB laptop Facebook, kenapa di grup FB ? Karena toko-toko yang jual laptop bekas nutup karena pandemi Covid ini. Beberapa hari berkelana di forum jual beli akhirnya menemukan.

Awalnya chat dengan seller nya di FB lalu pindah ke WA. Dia nawarin beberapa laptop dan aku terpesona dengan ThinkPad T440S. Sebelumnya udah riset di Youtube, katanya keyboardnya itu nyaman banget plus touchscreen lagi.

Sellernya baik mau nganterin ke rumah padahal jarak dengan lokasi dia sekitar 30-40 KM loh. Dia datang membawa laptop ThinkPad T440S. Laptopnya slim dengan prosesor Core I5 walau masih generasi 4, Ram 8 giga. Kerennya masih mulus dong. Menurut google harganya awalnya belasan juta namun aku boyong dengan harga sekitar di bawah 4 juta. 

Transaksi dan proses pemeriksaan barang selesai. Waktunya tes performa dengan Adobe Premiere CC dan Photoshop sejauh ini lancar, ditambah dengan daya tahan baterai sekitar 3-4 Jam. Nonton film india dan Korea tanpa perlu di charger nih hehe.

Beratnya ringan lagi cuma 1,5 kg jadi asyik nih untuk diajak traveling seusai pandemi corona berakhir. Paling bikin nyaman itu dengan keyboard dan layar touchscreen beda banget dengan  "mantan" terdahulu. 

Pernah nyoba bandingin dengan laptop punya adik yang baru setahun beli, ternyata kenyataannya lebih enak laptopku hehe. Semoga awet yah top dan bisa menghasilkan pundi rupiah yang banyak.

Berikut penampakan laptopnya



Sekian curhatan saya bye bye.

No comments:

Post a Comment