Saturday, December 28, 2019

Hidup Sehat Agar Siklus Haid Teratur

Sumber foto : Pixabay.com

Bagi kaum hawa siklus haid yang sehat adalah setiap bulan. Meningkatnya hormon progresteron adalah salah satu yang menjadi sebab timbulnya haid. Sebaliknya jika hormon progresteron menurun hal ini bisa menjadi sebab mengapa siklus haid menjadi tidak teratur. Selain itu, kelainan pada hormon atau ovarium pada wanita juga bisa menjadi penyebab mengapa ada wanita yang siklus haidnya tidak teratur.

Tidak teratur dalam ini adalah tidak terjadi dalam setiap bulan. Ada yang telat selama 10 hari, satu bulan, hingga 4 bulan bahkan berbulan-bulan. Hal ini tentu tidak bisa dianggap sebagai hal yang remeh. Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebagai cara melancarkan haid yang terlambat 4 bulan atau lebih dari 4 bulan.

Mengatasi Haid yang Terlambat Berbulan-bulan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa siklus haid seorang wanita menjadi tidak teratur dan terlambat selama berbulan-bulan.
Keterlambatan siklus haid ini tidak bisa dianggap remeh karena hal ini bisa juga menjadi penyebab kemandulan . Oleh karenanya di bawah ini bisa Anda simak dengan baik beberapa cara supaya haid teratur kembali. Di antaranya adalah :

       1. Mengurangi kegiatan yang berat

Dengan melakukan kegiatan yang berat-berat maka tubuh wanita akan cepat merasa lelah, Hal ini karena memang keadaan tubuh wanita dan lelaki adalah berbeda. Seorang wanita tidak boleh terlalu lelah karena hal ini akan berpengaruh pada hormon kewanitaannya tersebut yang juga termasuk hormon progesterone.

       2..Melakukan olahraga secara rutin

Banyak wanita yang meremehkan kegiatan sehat yang satu ini. Mereka menggap bahwa olahraga bukan hal yang wajib dilakukan. Olahraga jenis apapun yang dilakukan secara teratur akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika tubuh tersebut sehat maka hormone-hormon yang ada di dalamnya juga tentu akan berjalan dengan normal.

       3. Rajin minum air putih

Air putih kerap kali menjadi kunci kesehatan tubuh dan solusi pencegahan berbagai penyakit. Dengan rajin meminum air putih maka selain system pencernaan yang bisa berjalan dengan baik maka hormon-hormon yang ada dalam tubuh juga tentu akan berjalan dengan normal.

Selain menjaga pola hidup yang sehat agar siklus haid menjadi normal dan lancar, keadaan psikis seorang wanita juga harus dijaga dengan baik. Tidak sedikit wanita yang mengalami stress dan berdampak pada siklus haidnya. Dengan tidak terlalu mengambil beban pikiran maka hal ini akan membantu meningkatkan hormon progesteron

No comments:

Post a Comment