Sunday, June 23, 2019

Bisnis Untuk Anak Muda

"Beri aku 1.000 orang tua,

niscaya akan kucabut semeru dari akarnya 

Beri aku 10 pemuda,

niscaya akan kuguncangkan dunia"

~Soekarno (Bung Karno)~


Sumber gambar :Pixabay.com

Di atas adalah sebuah kata dari Presiden pertama Indonesia, Bung Karno. Dari kata-kata di atas kita tabu bahwa keunggulan pemuda tercermin dari kekuatan, gagasan serta keberaniannya yang masih membara. Hal tersebut bisa diterapkan dalam berbagai bidang salah satunya bisnis.

Tak melulu cita-cita anak muda harus menjadi pegawa BUMN, PNS, dan berbagai pekerjaan lainnya yang biasa kita dengar. Pemuda juga bisa memulai bisnisnya dari hal-hal terdekat dengan dirinya. Contohnya Mark Zuckenberg yang diusia 30 tahunan sudah masuk jajaran orang terkaya di dunia, hal tersebut dimulai dari potensi yang dia miliki. Ada beberapa bisnis yang cocok dengan anak muda yaitu sebagau berikut.

1. Bisnis Makanan

Selagi orang-orang mempunyai perut maka bisnis makanan akan tetap laris, dalam artian bisnis makanan memiliki potensi yang sangat besar jika kita cermat dalam memanfaatkan peluangnya. Banyak orang-orang yang sukses dari bisnis makanan, padahal bila orang lain lihat bisnis makanan yang dikelolanya terlihat sederhana namun memiliki omset yang luar biasa.

Kita bisa memulai dengan bisnis makanan ringan. Generasi muda yang jumlahnya sangat banyak ini adalah market potensial bagi kita untuk menjual makanan ringan, karena sejatinya anak muda dan makanan ringan sudah menjadi dua hal yang akan sulit dipisahkan. Kita bisa menjadikan hal tersebut sebagai ide bisnis, apalagi jika ternyata kita memiliki kemampuan yang baik dalam membuat kue kering dan camilan lainnya yang banyak disukai orang.

Pilihlah jenis kue kering atau camilan yang unik, enak, dan tidak membosankan. Sehingga kita bisa memasarkannya dengan mudah dan tidak memiliki banyak saingan untuk jenis camilan yang sama. Jika ditekuni dengan serius, bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

2. Bisnis Online

Di era industri 4.0 atau sejak hadirnya internet sejatinya membuka banyak peluang baru bagi kita untuk berbisnis. Salah satunya adalah peluang membuka bisnis toko tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk menyewa bangunan dan menggaji beberapa pegawai. Peluang tersebut tidak lain ialah toko online. Toko online atau yang biasa disebut dengan E-commer merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalankan.  Terlebih buat kamu anak muda yang memiliki banyak stok ide segar, baru, serta kreatif.

Dalam bisnis online, kita mempunyai kemampuan untuk menjual berbagai macam jenis produk atau barang. Mulai dari pakaian, aksesoris, sepatu, sandal, topi, handphone, makanan & minuman, hingga barang-barang antik semua bisa kamu jual. Dan ini semua bisa kamu lakukan hanya dengan mengandalkan modal yang sedikit bahkan bisa tanpa modal dengan melakukan teknik reseller.


3. Berbisnis Konten

Sama halnya dengan bisnis online, semenjak semakin kencangnya arus pengguna internet, banyak bisnis-bisnis baru muncul seperti konten kreator. Lalu apa itu konten keator ? Konten kreator adalah seseorang yang "berbisnis" konten, baik itu berupa tulisan, gambar bahkan video.

Salah satu contoh yang paling dapat kita lihat adalah Youtuber, sejatinya seorang Youtuber adalah seorang konten kreator yang berbisnis "video" yang nanti menarik pengiklan (adsense) untuk memasang iklan di videonya bahkan bisa pula mendapatkan endorsmen atau bahkan ditunjuk menjadi seorang brand ambasador dari sebuah produk.

Selain menjadi Youtuber, ada lagi blogger yang "Bisnis" dalam bentuk tulisan yang nantinya menarik pengiklan, endorsmen, dan lain-lain. Ada juga yang memanfatkan media sosial Instagram untuk "Berbisnis" dalam bentuk visual yang nantinya sama seperti Youtuber dan Blogger yang nantinya mendatangkan pengiklan atau brand yanv mengajak kerja sama.

4. Bisnis Properti

Properti identik dengan sesuatu yang besar dan memerlukan uang yang besar untuk memulainya, padahal bisnis properti bisa mengandalkan internet untuk memangkas anggaran yang terlihag besar itu. Misalkan dengan mengandalkan internet semisal membuat website sewa apartemen atau mengandalkan media sosial untuk berbisnis properti.

Sejatinya segala bentuk bisnis mengandalkan kemampuan kita dalam berkomunikasi, tak jarang bisnis properti bisa kita mulai dengan nominal nol rupiah. Jual apartemen bukan menjadi sesuatu yang terkesan "wah" lagi. Kita bisa memanfatkan internet untuk mencari properti yang akan dijual, lalu dengan mengandalkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter kita bisa mempromosikan properti tersebut dan mengambil selisih harga.

Sejatinya anak muda memiliki potensi yang luarbiasa dalam berbisnis, hal terpenting yang harus dimiliki bukan modal melainkan kemampuan komunikasi dan semangat pantang menyerah untuk berusaha memulai dan mengembangkan bisnis.

4 comments:

  1. Iya setuju.. pemuda masih memiliki semangat juang tinggi juga kekuatan fisik yang prima. Tinggal manajemen malesnya aja, hhee

    ReplyDelete
  2. Bisnis tulisan oke juga ya buat anak muda. Ya nggak? ^^

    ReplyDelete
  3. boleh di coba nie.. mampir2 ke blog ane juga yaa gan

    ReplyDelete