Tips Mengajarkan Bahasa Asing Kepada Orang Tua


Sumber Gambar : https://www.ef.co.id/pg/

Seorang Filsuf dunia Ludwig Wittgenstein pernah berkata “The Limits of my language means the limits of my world”. Benar begitu bukan? Bahwa kenyataannya memang dunia kita dibatasi dengan sejauh mana kita menguasai bahasa. Ada peribahasa yang lain senada mengatakan "Siapa yang menguasai bahasa maka ia akan menguasai dunia," Luarbiasa sekali bukan pentingnya belajar bahasa. Sebagai orang tua kita perlu mengajarkana bahasa daerah bahkan bahasa asing untuk anak kita. Kebetulan saya punya tips untuk mengajarkan anak belajar bahasa asing yang menyenangkan nih. Berikut detailnya :

 1.  Gunakan Pengalaman hidup mereka
Orang dewasa yang lebih tua memiliki banyak pengalaman hidup dan juga memiliki strategi pembelajaran yang berkembang baik yang telah melayani mereka dengan baik di lingkungan lain. Mereka dapat menggunakan strategi ini untuk keuntungan mereka dalam pembelajaran bahasa juga. Seperti halnya semua peserta didik, Anda ingin memanfaatkan pengalaman mereka dan mengembangkannya jika memungkinkan.

      2. Gaya belajar
Pembelajar yang lebih tua akan membawa banyak hal ke ruang kelas Anda, tetapi Anda juga harus fleksibel dan sabar dengan pola dan gaya belajar mereka. Mereka sering memilih untuk disajikan dengan tata bahasa formal yang cukup analitis dan perlu diberikan banyak latihan terkontrol, sebelum pindah ke kegiatan komunikasi yang lebih lancar. Biarkan mereka membuat banyak catatan dan merujuknya dalam praktik. Juga biarkan mereka mengajukan pertanyaan, tetapi jangan biarkan mereka mendominasi seluruh kelas.

      3.Bangun Keyakinan Mereka
Jika Anda memiliki koreksi kesalahan yang konstan, Anda mungkin ingin meringankannya juga. Pembelajar yang lebih tua sangat peka untuk membuat kesalahan dan seringkali tidak mengambil terlalu baik untuk koreksi kesalahan yang konsisten. Mereka sebenarnya bisa terlalu keras pada diri mereka sendiri dan mungkin menunjukkan kecenderungan perfeksionis tentang kesalahan tata bahasa kecil. Pembelajar yang lebih tua sering tidak menghabiskan banyak waktu di kelas modern.

      4. Kenali Tantangannya
Anda akan ingin menyadari tantangan yang dihadapi oleh siswa yang lebih tua. Sadari juga bahwa tantangan mereka mungkin berbeda dari siswa lain di kelas. Salah satu tantangan umum adalah masalah kesehatan atau pribadi yang serius. Jika ini masalahnya, lakukan yang terbaik untuk mengakomodasi mereka, dengarkan mereka jika mereka mau berbagi, dan bantu kelas menjadi sistem pendukung bagi siswa. Jika anda ingin meningkatkan bahasa Inggris lisan untuk dewasa, kuncinya adalah terus membuat perbaikan dalam tata bahasa, tanda baca, dan memperkaya kosakata. Selain itu, untuk mendapatkan latihan bahasa inggris prakerja  cobalah layanan dari EF Prakerja.

Menarik bukan tipsnya, yuk kita coba terapkan agar anak kita mahir berbahasa asing.

Post a Comment