Luka Bakar dan Flu pada Bayi

Sumber foto : Pixabay

Anak adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga, tak jarang di masa tumbuh kembangnya si kecil mengalami berbagai permasalahan baik secara fisik dan psikis.

Salah satu hal yang harus orangtua jaga adalah jangan sampai "buah hati" terluka akibat keteledoran kita, si kecil yang sedang aktif-aktifnya bisa merangkak/berjalan lalu menyentuh apa saja, salah satunya api. Keteledoran tersebut mengakibatkan si kecil mengalami luka bakar

Luka bakar pada bayi harus segera diobati. Untuk itu, perlu adanya obat luka bakar paling ampuh yang cocok dioleskan pada kulit bayi yang masih kecil.

Para orang tua tentu tidak ingin anaknya cedera, seperti mengalami luka bakar pada kulitnya. Namun, hal yang tak diduga kadang dapat membuat seorang anak bahkan yang masih bayi dapat mengalami insiden yang mengakibatkan luka bakar pada kulitnya.

Jenis Luka Bakar

Ketahui tingkatan luka bakar yang dialami anak, agar Anda segera dapat bertindak setelah mengetahui luka yang dialami termasuk pada tingkatan apa. Berikut tingkatan pada luka bakar di kulit.

Tingkat Pertama

Luka bakar pada tingkat ini hanya terjadi di lapisan atas kulit, efeknya akan menimbulkan kemerahan, nyeri, bengkak hingga kulit kering tanpa adanya lecet. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3 sampai 6 hari.

Tingkat Kedua

Fase ini menandakan luka bakar dalam kondisi yang lebih serius, sebab sudah menyentuh kulit lapisan bawah atau dermis. Efek yang ditimbulkan sama seperti tingkat satu, tetapi waktu penyembuhan memakan waktu cukup lama hingga mencapai 3 minggu.

Tingkat Tiga

Tingkatan ini merupakan yang paling serius karena sudah melukai lapisan kulit dan jaringan dibawahnya, kulit akan tampak kering dan berwarna putih, cokelat gelap bahkan tampak hangus. Hal ini memaksa Anda untuk segera melakukan perawatan di rumah sakit.

Penyakit Lain pada Bayi

Sumber foto : Pixabay

Selain luka bakar, bayi biasanya juga rentan terkena sakit flu. Untuk itu juga diperlukan rekomendasi obat flu yang cocok dan tepat digunakan pada buah hati Anda. Para orang tua dilarang panik ketika menghadapi kondisi demikian.
Jangan asal dalam memberikan obat flu, faktanya obat pilek untuk bayi bukan pilihan yang direkomendasikan, apalagi obat yang dijual bebas di pasaran. Selain itu untuk bayi yang berusia dua tahun ke bawah, tak tanggung-tanggng nyawa menjadi taruhannya.

Maka dari itu, jangan langsung terpengaruh dengan iklan obat flu untuk bayi di televisi, alangkah baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter pribadi atau pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan rekomendasi yang benar-benar valid.

Post a Comment