Mengulas Buku Resep Sehat Ala Rasulullah

 Sebelumnya saya sering kali mendengar buku fenomenal karya dr. Zaidul Akbar yang berjudul "Jurus Sehat Rasullah" penasaran banget ingin membaca buku tersebut namun karena berbagai hal belum berkesempatan membaca buku itu, namun di sisi lain istri yang sudah membaca menceritakan sinopsis buku tersebut sekaligus latar belakang penulisnya yang ternyata keren banget.


Atas izin Allah, saya akhirnya mempunyai buku terbaru karya dr. Zaidul Akbar yang menjadi penerus buku sebelumnya yang sangat sukses dipasaran. Berdasarkan rasa ingin menebarkan manfaat plus mengajak teman-teman untuk membaca Buku Resep Sehat JSR ini saya mencoba mengulasnya.


Identitas Buku



Buku ini punya segmen pembaca sendiri yang termasuk "militan" untuk membelinya. Seperti yang kita tahu "Resep Sehat JSR" adalah buah karya dr. Zaidul Akbar yang sebelumnya telah menulis "Jurus Sehat Rasullah" Buku ini diterbitkan oleh penerbit yang sudah malam melintang dalam "mengolah' buku islami termasuk percertakan Al-Quran yang tersohor ialah PT Sygma Media Inovasi dikenal juga dengan nama lain yaitu Syaamil Quran. Buku ini masih tergolong baru karena terbit di Januari 2021. Salah satu hal yang memesona saya ialah desain yang elegan, di sampulnya berbalut hardcover dengan desain sampul yang eyecatching banget. Tebal buku yang sampai 524 halaman ini pun mudah 'dilahap" karena resepnya disertai foto dengan kualitas kece abis.


Sinopsis Buku

Buku ini hadir dengan banyak hal luarbiasa, ketika membaca kata pengantar saja saya merasa "terpukul" dengan persepsi yang sudah lama mengakar dan itu adalah hal yang salah. Dulu sebelum membaca buku ini hal yang pertama kali saya lakukan ketika menghadapi sakit ialah meminum obat kimia, padahal menurut buku ini konsep dasar pengobatan dalam islam bermula dari akidah seorang mukmin bahwa penyakit apapun, ringan maupun berat pada dasarnya hanya Allah yang dapat menyembuhkan. Pemikiran saya dulu melenceng. masih bersandar ke obat atau dokter yang dapat menyembuhkan penyakit.


Padahal jika Allah berkehendak dengan metode sederhana penyakit berat sekalipun agar sembuh, begitupun sebaliknya jika Allah tidak berkehendak, metode secanggih apapun tidak akan bisa menyembuhkan penyakit, prinsip itu menjadi hal mendasar.


Di sisi lain, Allah menciptakan segala yang ada di bumi untuk digunakan manusia dalam rangka kemaslahatan dan ketaatannya kepada Allah. Berbagi hal yang ada di bumi termasuk tumbuhan, air dan berbagai hal yang lain berfungsi untuk menjaga keseimbangan dunia, tentu banyak pula yang berfungsi sebagai sarana untuk mengobati berbagai penyakit.


Saya mengutip isi buku ini "Ketahuilah bahwa dalam setiap ciptaan Allah terkandung keberkahan, keseimbangan, dan manfaat yang dia masukkan dalam produk ciptaa-Nya,"


Bab pertama "Kita dan Penyakit" menghadirikan konsep dasar penyakit sekaligus obatnya dalam sudut pandangan yang sering kita lupakan. Misalkan " Shalat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangfkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit (HR At Tirmidzi)". Di Bab kedua disajikan alasannya mengapa kita harus menggunakan obat alami. Disertai penjabaran bumbu dapur dan obat penuh khasiat.


Di Bab selanjutnya dipaparkan bahwa obat tak selamanya tidak ena, ada juga obat yang enak seperti buah-buahan yang nikmat sekaligus kaya manfaat. Bab selanjutnya diisi dengan resep berbahan sayuran, umbi-umbian, daun-daunan plus resep-resep lain yang menambah khasanah dalam dunia pengobatan ala Rasulullah.



Kelebihan Buku


Pada dasaranya banyak kelebihan yang disajikan oleh buku ini, dimulai dari segi desai buku plus kertas yang digunakan memiliki kualitas mempuni. Ditambah isi buku yang mampu "menampar" kita bahwa kesehatan dan kesembuhan Allah yang tentukan. Sajikan lengkap dari berbagai jenis tumbuhan, buah-buahan hingga sayuran yang mudah kita temukan ternyata memiliki khasiat yang luarbiasa. Resep yang disajikan juga bukan abal-abal karena kaya akan penelitian dapat dilihat dari sumber daftar pustaka yang beragam. Pada dasarnya buku ini seperti kumpulan resep untuk hidup lebih sehat, baik secara jasmani dan rohani.


Kekurangan Buku

Tentu kelebihan selalu berdampingan dengan kekurangan, begitu dengan isi buku ini. Namun untuk mencari kekurangannya yang terdapat pada buku ini saya cukup kesulitan karena sudah disajikan dalam porsi yang pas. Hal yang menjadi kekurangan bersifat subjektiF paling seputar berat buku yang lumayan meskipun sebanding dengan kualitas kertas plus halaman yang tembus 500 lebih plus khasiat yang berbobot banget.

Post a Comment