Cara Memilih Domain yang Unik

 


Zaman sudah bergeser dengan cepat, dulu kita menulis sesuatu di meja atau bahkan yang paling ekstrim di dinding toilet namun di mulai tahun 2010 ke atas munculnya media sosial yang memfasilitasi kita untuk curhat apapun dari yang inspirasi hingga yang receh seperti cinta-cinta dan joke bapak-bapak. Berbicara medial sosial seperti Facebook.com atau instagram.com memiliki alamat situs yang bernama domain, jadi sebenarnya tulisan, curhat atau file kita di Facebook dan Instagram sebenarnya cuma nebeng karena kita tidak menggunakan alamat domain sendiri.


Kalau kita suka curhat sebaiknya posting disitus pribadi, semakin keren bila situs pribadinya memiliki domain yang unik dan mudah diingat. Kita contoh saja tiktok.com, namanya gampang diingat banget dan hal itulah yang menjadi aspek nama tiktok semakin melejit. Dulu sebelum Raditya Dika menjadi seorang Youtuber, Stand Up Comedian terkenal dan penulis nasional, dia adalah seorang yang suka curhat tentang kisah cinta di blog pribadinya. Hal itulah awal muka buku pertamanya terbit yaitu kambing jantan. Nah kita juga bisa menirunya dengan mulai memiliki blog pribadi tapi tak sekadar blog pribadi harus juga memiliki domain yang unik.


Saya punya 1 blog lagi dengan nama domain agilang.id, selain namanya yang mudah diingat tidak seperti blog yang saya ini cukup sulit melafalkanya karena dari nama pribadi. Nah di sini saya akan membagikan tips bagaimana cara memilih nama untuk domain yang unik sebagai berikut :


1. Nama Domain Harus Mudah Diketik


Harus diakui ini adalah masalah utama dalam blog saya, karena saya memakai nama pribadi yang kebetulan susah untuk diketik karena terdiri dari huruf-huruf konsonan. Nah teman-teman jangan sampai seperti saya memiliki blog dengan nama yang sudah diketik, pastikan nama blog teman-teman pengucapan dan pengetikan sama misalkan storeaja.com kalau untuk jualan atau jualinaja.id. Kedengaran keren dan mudah diingat tentunya. Contoh lainnya misalkan Hoster.co.id, namanya mudah diingat plus kita tahu bahwa Hoster.co.id adalah penyedia hosting, domain dan segala kebutuhan untuk persiapan go digital.


2. Usahakan Memilih Nama Domain yang Pendek


Kenapa harus memilih nama domain yang pendek ? ini sebenarnya berkaitan dengan nomor satu bahwa domain yang kita pilih itu harus mudah diketik. Jangan sampai kita punya domain panjang banget sehingga susah untuk diingat. Kita perhatikan bahwa media-media sosial yang terkenal segera memiliki nama yang gampang banget diingat seperti tiktok, twitter bahkan facebook. Bayangkan jika ada media sosial atau blog pribadi memiliki domain bernama akuchayangclaludiaampemathi.com susah banget diingat sekaligus diketik plus tidak terlihat profesional.


3. Memilih Nama Domain yang Sesuai Dengan Isi Website/Blog


Memilih nama yang sesuai dengan tulisan atau isi website adalah hal yang penting, jangan sampai bernama teknogaul.com tapi yang dibahasnya seputar parenting dan cara mendidik anak. Kesesuaian nama domain dengan isinya sangat mempengaruhi sejauhmana blog kita dapat dengan mudah dikenal oleh orang sehingga jika orang itu mencari informasi yang berkaitan dengan hal tersebut maka akan kembali ke website/blog kita. Jika isi blog kalian memiliki banyak tema tulisan bisa menamainya dengan nama pribadi atau plus kata catatan lalu dilanjut nama dan beragam versinya lainnya.


4. Pilih Di Penyedia Domain yang Terpercaya


Memilih domain hampir sama dengan memilih pasangan hidup karena akan menemani kita di waktu yang panjang banget, jangan sampai memilih domain hanya untuk setahun karena penyedia jasa domain kurang bagus. Nah saya punya rekomendasi penyedia jasa domain yang bagus yaitu Hoster.co.id. Kenapa Hoster ? karena di sini kita bisa memilih beragam domain dari mulai com hingga id yang indonesia banget. Plus lagi banyak diskon yang pasti banget buat kita khilaf. 


Cara belinya juga cukup mudah dong, kita tentukan domain yang akan kita pilih sesuai dengan tips yang saya berikan tadi, selanjutnya kita continue untuk melanjutkan pembayaran. Nah perihal pembayaran di Hoster ini kita dimudahkan untuk melakukan pembayaran karena tersedia banyak loh metode pembayarannya dimulai transfer bank, virtual akun, ovo, gopay, paypal bahkan kita juga bisa bayar di Alfamidi dan Alfamart, jadi nggak ada alasan lagi dong untuk tidak memiliki domain yang unik kalau kita beli di Hoster.co.id


Cukup sekian tips dari saya mengenai memilih domain yang unik plus cara membelinya, barangkali teman-teman punya tips yang lain silakan coret-coret aja di kolom komentar. Sampai jumpa kembali di tulisan lainnya bye bye.


Post a Comment