5 Gejala Anemia Yang Berbahaya Bagi Kehamilan dan Cara Mencegahnya


Hai teman-teman. Sudahkah bahagia hari ini ? semoga selalu bahagia dong. Kali ini saya akan membahas tentang suatu penyakit, bukan penyakit kering dompet tentunya karena penyakit itu hanya bisa diatasi dengan bekerja hehe.
Kali saya akan bercerita tentang Anemia, penyakit yang menjangkit semua kalangan. Tak peduli usia atau pun gender. Anemia bisa menjadi penyakit yang mengerikan. Tentu ada beberapa cara untuk encegah anemia, salah satunya dengan asupan zat besi yang cukup.

Sumber :Pixabay
Teman-teman perlu tahu bahwa penyakit Anemia sangat berbahaya terutama bagi kaum Hawa yang sedang hamil, kalau kaum Adam yang hamil bisa baca tulisan ini untuk istrinya hehe.
Seorang wanita sebelum memasuki masa kehamilan mungkin belum pernah mengalami anemia, tetapi ketika hamil seorang wanita sangat rentan mengalaminya. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan zat besi. Seberapa pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada Ibu hamilSangat penting, karena zat ini berfungsi membentuk sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan nutrisi di dalam tubuh.

Sumber: Pixabay
Kebanyanyak ibu hamil tidak mengetahui bahwa seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka kebutuhan zat besi semakin meningkat hingga 50%. Anemia menyebabkan kebutuhan ini tidak terpenuhi sehingga asupan oksigen pada janin terhambat. Oleh karena itu, Ibu hamil perlu mencermati 5 gejala anemia yang mungkin dirasakan seperti:
  1. Cepat merasa lelah, letih, dan lesu
  2. Warna kulit tampak pucat
  3. Denyut jantung tidak beraturan
  4. Sering mengalami sesak napas
  5. Mengalami sesak napas dan sakit kepala
Apabila Ibu hamil telah mengalami gejala-gejala anemia diatas, tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan seperti persalinan prematur. Untuk itu, berikut ini cara yang dapat diikuti untuk mencegah anemia yang berbahaya bagi kehamilan:
  1. Makan makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi
Memiliki pola makan yang sehat dan teratur disertai dengan menu makanan kaya zat besi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah anemia pada Ibu hamil. Kandungan zat besi yang tinggi dapat ditemukan dalam daging, ikan, sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, susu, serta produk olahan susu (keju, yoghurt, dan lain-lain)
  1. Memperbanyak asupan vitamin C
Vitamin C dapat membantu memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga ada baiknya untuk memperbanyak asupan vitamin c yang dapat ditemukan pada buah-buahan berwarna terang seperti jeruk, kiwi, stroberi, tomat, dan lain-lain.
  1. Mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi
Untuk memastikan asupan zat besi pada masa kehamilan tercukupi, ada baiknya Ibu hamil mulai mengkonsumsi suplemen kehamilan yang mengandung zat besi seperti Folamil Genio. Suplemen ini mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan Ibu hamil, untuk informasinya, Anda dapat lihat situs https://www.goapotik.com/produk/folamil-genio.

Itu tadi gejala-gejala anemia dan cara untuk mencegahnya. Jangan anggap remeh anemia saat masa kehamilan, segera cegah anemia dari sekarang ya. Selagi bisa dicegah kenapa harus repot mengobati, tetap sehat untuk semuanya.

Post a Comment