Hoala & Koala, Sebuah Oase Di Lagu Anak

 

Nostalgia Lagu Anak


hoala-kpala

“Diobok obok airnya diobok, ada ikannya kecil-kecil pada mabok,” hai semua pembaca Nychken.web.id masih ingat nggak potongan lirik di atas ? generasi  90 dan 2000-an pasti masih ingat dong itu lagu anak dari Joshua Suherman yang sangat terkenal di masanya. By the way, saya tumbuh dengan lagu-lagu anak yang banyak banyak dan isinya mengajarkan keteladan seperti mengajak menabung  dan lain-lain, tapi jumlah lagu ada yang hits di era sekarang itu kian menurun loh.


Dulu mudah tiap bulan bahkan minggunya selalu muncul lagu anak baru yang dengan riangnya kita dendangkan saat itu, namun sekarang sulit sekali menemukan lagu anak bahwa anak-anak mulai menyanyikan lagu dewasa yang pada dasarnya belum sesuai untuk mereka nyanyikan. Selain tidak sesuai dengan umurnya, terkadang lagu dewasa tersebut mengandung lirik yang tidak pantas untuk ucapkan seorang anak, jujur aku merasa ingin mengembalikan.

 

Hadirnya Hoala & Koala


hoala-koala-lagu-anak-kece


Alhamdulillahnya di tengah gersangnya lagu anak, muncul Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia music anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.


Hoala & Koala menyemarakan dunia lagu anak yang dulu sempat redup dengan dengan berbagai terobosan yang membuat lagu-lagu anak kembali bergairah. Hoala & Koala menarik pencinta lagu anak dengan menambah animasi yang bisa bernyanyi. Diantaranya hadirnya  tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.


Hoala & Koala Hadir dengan Inovasi


Di era sebelumnya lagu akan dikemas tanpa perlakuan istimewa hanya digarapkan dengan konsep yang biasa sehingga tidak menarik anak untuk menyukainya lebih dalam, di era sekarang hiburan bagi anak sunggu beragam jadi mengemas lagu anak yang menarik menjadi pekerjaan rumah bersama, Hoala dan Koala menjadi pioner dengan menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Hoala & Koala juga konsen untuk meningkatkan kualitas lagu anak dan animasi Indonesia.


Lagu Anak dengan Sentuhan Kekinian


https://www.youtube.com/watch?v=-lRgfBhBLcg


Dengan hadirnya Hoala & Koala yang kreatif dalam mengolah rasa lagu anak-anak menjadi lebih kekinian karena menampilkan berbagai keunikan yang sebelumnya tidak ada. Di sisi lain Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.


Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik yang semakin menambah khasanah dunia lagu anak.


Hoala & Koala selain membawa lagu anak berbasis kekinian, di dalamnya juga mengandung pesan yang tersirat yang mendalam. Misalkan dalam lagu yang berjudul "Anak-Anak Di Rumah Saja," secara tersirat memberikan pesan untuk di rumah saja serta menjaga protokol kesehatan yang dikemas dalam sebuah lagu dan memakai bahasa yang ringan, sehingga pesan untuk anak bisa diterima dengan mudah. Yuk yang mau mendengarkan lagu "Anak-Anak Di Rumah Saja" linknya di bawah ini.



Asyik bukan lagu anak dirumah saja Hoala Koala, so saya menaruh kepercayaan besar bahwa hadirnya Hoala & Koala mampu mengembalikan lagu anak bahwakan meningatkan kualitas lagu anak sehingga kenangan masa lalu terhadap kejayaan lagu anak kembali hadir dengan adanya daya kreatif yang diciptakan Hoala & Koala. Yuk nonton di YouTube Channel Hoala & Koala.


Post a Comment