Menemukan Metode Belajar yang Tepat dengan Bimbel Online

Setiap hari aku tidak lupa membawa sepatu olahraga ku ke sekolah. Bukan karena ada pelajaran olahraga setiap hari, tapi untuk main basket sepulang sekolah. Aku sangat menantikan waktu pulang sekolah, karena aku tidak suka belajar.

Di sekolah aku termasuk murid yang rajin, namun nilaiku tidak cukup bagus. Orang tuaku sering kali menyuruhku belajar saat sampai di rumah. Karena lelah habis bermain basket aku selalu mengabaikannya. Aku hanya belajar di sekolah dan menurutku itu sudah cukup.

Mendekati kenaikan kelas, nilaiku semakin turun jika dibandingkan dengan teman–teman satu kelas. Mungkin karena aku tidak mengulang pelajaran lagi dirumah. Ibuku mulai menyarankan aku ikut bimbingan belajar (bimbel) di tempat les dan aku pun menyetujuinya.

Aku coba untuk ikut beberapa kelas di tempat les dekat rumah. Namun aku tetap kesulitan mengerti dan menyerap isi pelajaran. Sepertinya aku butuh metode belajar lain yang cocok untukku.



Aku mulai bertanya pada Lisa sahabatku, bagaimana metode belajarnya sehingga ia selalu memiliki nilai yang bagus. “Aku ikut bimbel online di Ruangguru” katanya. Sebelumnya, aku tidak yakin aku dapat mengikuti bimbel online dengan baik. Karena aku sangat sulit memahami suatu pelajaran.

Setelah mencoba ikut bimbel online di Ruangguru, ternyata anggapanku salah. Bimbel online ternyata sangat praktis dan tidak menguras tenagaku, karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Banyak sekali metode pembelajaran dari bimbel online ini yang membuatku mudah mengerti. Aku hanya tinggal mendownload aplikasi Ruangguru. Lalu pendaftarannya cukup mudah. Aku hanya perlu mendaftarkan email, nomor hp, jenjang dan kelasku, serta kota di mana aku berada.

Biaya yang dikeluarkan untuk bimbel online juga sangat terjangkau. Karena tidak membutuhkan biaya transportasi ke tempat les atau biaya operasional lainnya. Namun aku dapat mempelajari banyak sekali konten video pelajaran yang dijelaskan langsung oleh guru yang ahli di bidangnya. Di sini juga terdapat kuis soal-soal untuk menguji kemampuan diri serta hasil akhir berupa rapor online.

Acuan kurikulum bimbel online di ruangguru memiliki kurikulum yang sama dengan di sekolah, sehingga memudahkanku untuk belajar. Kini aku tidak lagi takut untuk ujian kenaikan kelas. Karena aku telah menemukan metode belajar yang cocok untukku.

Tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi, Ruangguru tersedia juga untuk versi desktop. Ini sangat membantuku ketika ingin belajar di layar yang lebih besar. Jika sudah mulai mengantuk, aku hanya tinggal mendownload konten video ke handphone-ku. Lumayan, aku bisa irit kuota internet untuk mempelajari materi pada sela-sela waktu luangku di sekolah.

Akhirnya, aku berhasil naik kelas dengan nilai yang baik. Sungguh menyenangkan mengetahui bahwa aku yang tidak suka belajar ini dapat menemukan metode belajar yang tepat. Aku tetap bisa menjalani keseharian serta hobi basketku tanpa terganggu sedikitpun. Terima kasih Ruangguru!

3 comments

  1. Sebuah metode belajar yang keren, makasih infonya. Saya juga mau bagi info di tengah keadaan virus begini. Semua serba teknologi, dan bagi yang mau kuliah, tetap bisa dafar online di https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2020/

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya. Untuk yang mau lanjut kuliah di Fakultas Teknik Informatika Terbaik bisa klik di sini

    ReplyDelete
  3. Sebuah informasi yang bagus, seorang anak yang malas belajar menjadi suka belajar dengan menemukan metode belajar yang efektif, apalagi di tengah semua hal yang serba online ini. Ya, mudah mudahan nantinya bisa masuk ke PTS Terbaik

    ReplyDelete