Kilau Digital Permata Flobamora untuk Pariwasata dan UMKM yang Lebih Memesona


Alhamdulillah dapat kesempatan untuk mengikuti zoom meeting dengan pegiat UMKN, Blogger bahkan orang-orang pengambil keputusan negeri ini seperti Kyai Ma’ruf Amin, Pak Luhut, Pak Erik, dan Pak Sandiaga. Ini pengalaman yang berkesan banget karena walau diadakan secara digital tetapi hype –nya kerasa banget. Semangat para pemimpin negeri yang bersama-sama ingin memajukan UMKM sekaligus pariwisata Indonesia. Sekalipun dalam keadaan pandemi tapi semangat untuk memajukan negeri yang pernah pudar.


Indonesia sudah laksana surga dunia yang Tuhan ciptakan dengan segala bentuk keindahannya, salah satu surga yang tersembunyi ada di Nusa Tenggara Timur (NTT), NTT selain terkenal dengan keindahan alamnya yang membuat mata terbelalak, deretan pantainya yang mengajak kita untuk membuat istana pasir, ada yang kita lupa bahwa produk UMKM Nusa Tenggara Timur (NTT) juga kece seperti dalam bidang fesyen, kuliner dan kriya yang dapat dipasarkan secara offline dan online ke seluruh penjuru negeri dan pada akhirnya go international.


Berangkat dari hal tersebut diadakanlah Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) Acara tersebut disambut meriah berbagai lapisan masyarakat dari mulai pegiat UMKM sampai petinggi pemerintahan. Apalagi  di acara puncaknya yang diselenggarakan pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT. Acara yang kece diadakan di tempat yang ikonik seperti Labuan Bajo semakin menambahkan kesan mendalam di acara ini.


Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI. Kebetulan saya menyaksikan melalui aplikasi zoom yang secara realtime menayangkan acara Kilau Digital Permata Flobamora ini.


Seperti pemaparan saya diawal, acara ini dihadri oleh banyak tamu undangan VVIP yang hadir baik secara offline maupun online antara lain adalah Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat). Banyaknya tokoh petinggi yang hadir menjadi udara positif karena menunjukan keseriusan untuk memajukan UMKM.

 

Ada apa saja di Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora ?


Pameran Kekinian Ala Virtual Expo



Bukan hanya launching ceremonial yang diadakan secara meriah, ada juga loh acara  kegiatan Virtual Expo yang akan menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplaceVirtual Expo tersebut juga membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia untuk membeli produk-produk dari para pelaku UMKM di NTT. Keren bangetkan kita bisa menyaksikan pameran secara digital.


Menurut pendapat saya pribadi, acara virtual expo adalah sebuah gebrakan yang tepat dalam keadaan pandemi seperti ini. Di suatu sisi kita harus aware dengan keadaan pandemi seperti ini, sehingga harus membatasi kegiatan yang menuntut untuk bertemu secara langsung. Di sisi lainnya kegiatan ekonomi harus tetap berjalan sekalipun dalam kondisi pandemi agar pegiat UMKM masih punya pelanggan, nah Virtual Expo adalah solusi yang bisa menengahi kondisi saat ini.


Sekadar Infomrasi bahwa virtual expo ini berlangsung selama 1 bulan dimulai dari tanggal 9 Juni 2021, yipee kita bisa jajan-jajan online sembari membantu UMKM nih. Nah virtual expo  tersebut bisa diakses melalui daring di laman https://kilaudigitalflobamora.id . Kita terlebih dahulu registrasi dengan cara klik link tersebut lalu klik pameran virtual. Hanya masukan nama, nomor HP, dan juga email untuk mengakses virtual expo tersebut. Ada beberapa hal yang bisa kita akses misalkan Exhibition hall untuk nonton pameran UMKM. Ada juga auditorium untuk mengikuti berbagai webinar dan acara daring lainnya, kebayangkan canggih bener. Sudah serasa dunia nyata pindah ke digital.


Nah yang suka berbelanja cocok banget untuk nongki di Exhibition Hall. Di sana kita bisa shopping berbagai hal dimulai dengan beragam jenis makanan, fesyen bahkan kerajian yang khas banget. Di sini juga kita bisa tanya-tanya seputar produk bahkan sekadar windows shopping juga bisa dong. Kalau mau langsung berbelanja juga bisa tinggal pilih menu Commerce untuk langsung sikat barangnya.


Teknis membeli baranyanya pun cukup simpel, kita tinggal memilih produk yang akan dibeli, tentunya isi alamat dan jenis pengiriman, selanjutnya pilih mau dibayar lewat apa. Fyi terdapat banyak loh metode pembayaran seperti Dana, OVO, Link Aja atau pakai QRIS juga bisa. Kalau udah dibayar tinggal nunggu barangnya datang, tadaaa barang kece kita terima.

 

Memperkenalkan JP Hub


Dalam acara ini juga turut memperkenalkan Hub jaringan pariwisata (JP Hub) ialah sebuah ide dan eksekusi kreatif dengan melibatkan kolaborasi Kominfo dan Telkom Indonesia, serta didukung oleh Kemenparekraf untuk mengangkat kekayaan dan keragaman alam di Indonesia menjadi potensi wisata yang sangat besar. JP-Hub memungkinkan para pelaku usaha di bidang pariwisata untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi daerah secara maksimal.


Tetarik untuk bergabung dengan JP Hub. Caranya gampang banget cukup dengan kunjungi laman wonder.id lalu pilih daftar, selajutkan pilih opsi pengaturan inventory terakhir tinggal aktifkan sja, tara seirbu kemudahan dapat kita akses hanya dengan jetikan jari.

 

Toko Online Kekinian, BumdesMart

Ada hal yang menarik dalam perkenalkan BumdesMart ini, Pak Luhut dan Pak Joni secara kompak mencoba berbelanja di BumdesMart ini. Tahu nggak sih bahwa Menteri kita ini membeli 20 paket teri yang merupakan khas dari NTT di BumdesMart. “Pak bagi satu paket dong terinya, enak kali hehe,”

Bumdes Mart ini merupakan program pendampingan, pelatihan dan fasilitasi toko online untuk Bumdes dan UMKM Desa ini terselenggara atas kerjasama Kemendesa PDTT dan Kementrian Kominfo, serta didukung oleh BAKTI Kominfo. Untuk bergabung, caranya dengan masuk ke halaman bumdesmart.id kemudian klik datar dan selanjutnya isi formulir pendaftaran.

BumdesMart memiliki program yang memberikan edukasi literasi digital dan e-commerce yang diperlukan oleh pelaku usaha desa. Peserta program dari Bumdes dan UMKM Desa ini ditargetkan langsung bisa jualan online.

Selain ada Virtual Expo, JP Hub, BumdesMart masih ada juga PiKampung, dan Go NTT yang merupakan bentuk nyata digitalisasi dalam pengelolaan pariwisata dan UMKM untuk naik tingkat lagi.

 

Sekilas Tentang Gernas BBI


Hal-hal yang keren tadi disatukan dalam Gernas BBI, Gernas BBI pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19.


Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.


Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur.


Untuk menonton acara puncak Kilau Digital Flobamora di sini aja


Yuk kita dukung pariwisata, dan UMKM Indonesia agar semakin jaya.


Post a Comment