Solusi Mata Kering Akibat Berkendara

Sebagai manusia yang waktunya sering dihabiskan dengan berkendara, mata kering bahkan mata merah menjadi makanan sehari-hari. Terkadang ketika berkendara menggunakan motor dengan helm terbuka mengakibatkan mata kering yang berefek gatal. Tangan seolah bergerak menggesek-gesek mata lalu tak berapa lama mata menjadi merah.

Jika tak cepat ditangani merah yang ada di mata kian menyebar disertai perih yang cukup menggangu. Hal tersebut sering saya alami, belajar dari pengalaman. Jika hal itu terjadi saya segera berhenti di apotek terdekat untuk mencari Insto Dry Eyes (Jika mata gatal terasa ditengah perjalanan).


Cukup beberapa tetes, mata menjadi segar seperti minum es kelapa muda di tengah hari. Insto Dry Eyes berperan seperti air mata yang menjadi pelumas sekaligus pembersih jika kotoran-kotoran saat berkendara hinggap di mata dan memberikan efek gatal. Insto Dry Eyes juga berfungsi sebagai pereda iritasi mata yang disebabkan oleh kekuranga produksi air mata, jadi cocok juga untuk jomblo-jomblo yang so tegar dan jarang nangis karena cinta hehe.

Selain berperan sebagai pelumas mata, Insto Dry eyes juga memiliki keunggulan lainnya yaitu memiliki bahan aktif untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar mata dan kelopak mata. Bakteri tersebut bisa dihasilkan dari debu-debu jalanan yang terpapar di saat kita berkendara, baik menggunakan roda dua maupun roda empat.

Mata kering disebabkan oleh mata yang tidak bisa memproduksi air mata yang berefek mataa sepet, kering bahkan perih. Penyebab mata kering selain karena debu nakal jalanan, ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan mata kering di antaranya :

Apa yang menyebabkan mata kering?

Ada berbagai alasan mengapa kita bisa mengalami mata kering meskipun satu penyebab pasti mungkin tidak dapat ditemukan. Beberapa kemungkinan penyebab, di antaranya:

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon biasa terjadi pada kaum hawa selama masa kehamilan, monopause atau penggunaan pil KB. Hormon tersebut mempengaruhi produksi air mata.

2. Proses penuaan

Mata kering juga kerap dialami oleh orang-orang lanjut usia. Hal ini mungkin diakibatkan oleh produksi air mata yang menurun seiring bertambahnya usia, dan kelopak mata menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata di seluruh permukaan mata.

3. Lingkungan dan aktivitas

Untuk yang nomor 3 ini sering sekali saya alami karena status sebagai manusia yang lebih sering berkendara. Faktor lingkungan ini bukan menjadi penyebab utama, namun lebih kepada faktor yang bisa memperparah kondisi mata kering. Misalnya: debu, asap, angin, matahari, cuaca kering, tiupan angin panas, berada di tempat tinggi.

4. Pemakaian Lensa Kontak

Kebanyakan anak-anak kekinian menjadikan lensa kontak sebagai fashion dalam penampilan, tak jarang memakai lensa kontak yang tidak higenis dan terlalu lama bisa menyebabkan mata kering bahkan iritasi mata.

Lalu bagaimana sih cara mencegah mata kering ?

Sebenarnya cara mencegah mata kering tidak terlalu sulit. Cukup dengan minum air putih dan asupan gizi yang cukup. Minum air yang cukup membantu selaput lendir mata agar tetap lembab, selain itu bisa ditambah dengan konsumsi makanan kaya omega 3 seperti Ikan Salmon dan biji kenari.

Cara lainnya yaitu usahakan untuk berkedip lebih sering ketika membaca dan berkendara, tetapi jangan malah merem ketika berkendara bahaya hehe.

Bagaimana ketika mata sudah terlanjur kering ? Tentu caranya mudah, cukup pergi ke apotek atau minimarket terdekat lalu belilah "Insto Dry Eyes" cukup beberapa tetes mata kering dapat teratasi. Saya tidak takut lagi mengalami mata kering selepas berkendara. Insto Dry Eyes, solusi mata kering akibat berkendara.


2 comments

  1. Insto ini obat mata yang udah lamaaa banget. Ga diragukan lagi kualitasnya oke terus! Memang sih kadang kita suka kucek2 mata ya kalau gatal. Mestinya jangan begitu khawatir malah tangan kita membawa zat2 kotor yang ga terlihat :)

    ReplyDelete
  2. Hai, salam kenal. Ulasannya bagus dan pakai bahasa yang segar plus jels dan terstruktur. Semoga nanti berkenan saling blogwalking. Nuhun.
    Semoga menang, ya. Dulu saya juga pakai Insto. Bikin adem 👍

    ReplyDelete