Semarang, Tempat Lahirnya Stasiun Tertua di Indonesia

Semarang tidak hanya berperan sebagai ibukota Jawa tengah, lebih jauh lagi kaya dengan berbagai sejarah yang ada. Dari mulai sekarang perjuangan hingga kisah mistis di Lawang Sewu.

Sebagai ibukota porosnya Jawa, banyak hal-hal unik yang dapat ditemukan di Semarang. Selain polisinya yang dikenal "Galak" alias sangat displin dengan aturan lalu lintas, Semarang juga terkenal akan lumpianya yang makjos versi lain dari makyos.

Kali ini saya tidak akan bercerita tentang lumpia, selain takut lapar di saat menulis. Pada tulisan ini lebih memfokuskan tentang banyaknya stasiun tua di Semarang.

Bicara sejarah perkereta apian Indonesia, tak akan lepas dari Semarang. Sebab kota ini merupakan awal mula lahirnya stasiun pertama di Indonesia.

Banyak versi tentang stasiun pertama di Indonesia dan yang terkeren semuanya terletak di Semarang. Salah satu stasiun yang dianggap paling tua di Indonesia adalah stasiun Semarang NIS

Stasiun Semarang NIS mulai dibangun sekitar tahun 1864 dan selesai pada tahun 1867. Namun sayang stasiun itu sudah tidak beroperasi.

Stasiun tertua di Indonesia yang masih beroperasi ialah Stasiun Semarang tawang, saya sekadar pernah melewati stasiun ini dalam perjalanan ke Surabaya.



Saya berkesempatan menjejakan kaki di Semarang namun saya tidak berkunjung ke stasiun tertua karena keterbatasan waktu. Lumayan deh bisa berfoto di Stasiun Poncol.


Stasiun poncol selesai dibangun tahun 1914, duh sebelum Indonesia merdeka sudah ada ini stasiun. Perihal bangunan sih tidak terlalu besar seperti stasiun-stasiun yang ada di Jakarta, namun perihal sejarah menang banyak.

Rasanya ingin kembali ke Semarang, menjejak Stasiun NIS. Ingin aja belajar sejarah langsung dari lokasinya.

1 comment