5 Tips Agar Hidup Bahagia

Setiap manusia pasti ingin bahagia, jarang ada orang yang menolak bahagia. Ada sih beberapa orang dalam sinetron yang menikmati ketika disiksa. Buktinya walau sudah dipukul, disiram air keras, dijilat bahkan dicelupin (eh ini kok berasa iklan) tetap saja tinggal di tempat itu.

Kali ini saya mencoba berbagi tips bahagia,

"eh kamu udah bahagia gitu ?"

Berusaha bahagia dong, kan hidup di dunia cuma sekali kalau dipakai berduka sayang dong. Tanpa basa-basi berikut tipsnya.

1. Jangan iri bila orang lain lebih sukses.

Sumber gambar Humairoh.com

Pernah nggak sih merasa iri terhadap pencapaian orang lain ? pasti pernah dong, rasanya bagaimana ? sakitkan. Padahal waktu sekolah atau kuliah si dia itu tukang nyontek tugas kita, eh tapi nasibnya jauh lebih baik daripada kita.

Jangan iri dong, sebaiknya ucapkan selamat atas pencapaian yang dia dapat, meski awalnya berat, tetapi ketika sudah diucapkan akan terasa lebih baik. Daripada menyimpan iri dan mendoakan dia mengalami kejadian yang tidak baik, selain itu berdosa. Setiap doa dan tindakan yang baik akan kembali lagi kepada kita. begitupun sebaliknya.

2. Jangan terlalu banyak mengeluh

Sumber gambar imgrumweb.com

Punya masalah sedikit langsung update di media sosial, marah ke seseorang ngasih kode di media sosial. Seolah media sosial itu "tempat sampah" yang menampung berbagai keluhan kita.

Cara terbaik mengatasi masalah, yah mencari solusi. Kalau update keluhan mulu malah makin nyesek dong. Si mantan bisa bahagia tuh melihat kita menderita. Dalam hati si mantan bekata

"Siapa suruh nggak jadi dengan aku, jadinya menderitakan,"

Tahu ngga sih ? mengeluh itu tanda tak tangguh.

Yuk kurangi berkeluh kesah kalaupun mau berkeluh ada tempat yang lebih pas ialah kepada pemilik raga.

3. Jangan terlalu fokus mengejar materi

Sumber gambar triplesda.blogspot.com

Uang memang bisa membeli apapun kecuali kebahagiaan. Pernah dengar nggak kisah seorang perempuan kaya raya tapi tidak pernah dikarunia anak, bahkan suaminya juga meninggal.

Apa dia bahagia dengan tumpukan uang yang dimilikinya ?
mungkin menurut dia lebih bahagia makan nasi padang pinggir jalan bersama keluarga daripada makan di restoran bintang 5 hanya seorang diri.

Benar kata lagu "Keluarga Cemara"

"Harta yang paling berharga adalah keluarga, mutiara tiada tara adalah keluarga, puisi yang paling bermakna adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga" geboy Mang.

4.Jangan memorsir diri untuk bekerja, sesekali lakukan hobi

sumber gambar travelingyuk.com

Adakah di sini yang setiap hari kerja tanpa liburan ? duh kasihan, kaya kagak stress iya. Eh maaf. Bagus loh bekerja dengan giat tapi tidak baik juga jika terlalu giat.

Banyak kejadian di Jepang, saking rajinnya orang Jepang bekerja hingga banyak yang meninggal di tempat kerja. Kan fungsinya bekerja itu cari uang, uang itu untuk memenuhi kehidupan hidup. Kalau bekerja mulu kebutuhan liburan nggak ada dong.

Sesekali ambil cuti, pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi atau bisa juga lakukanlah hobi kalian. Hobi menulis, main piano, hobi stalking mantan eh. Lakukan hobi agar hidup tetap waras.

Sisihkan waktu untuk melakukan hobi.
"Kalau hobinya bekerja gimana hayo ?" eh emang ada yang hobi bekerja, kalau hobi dikerjain ada hehe

5. Mendekatkan diri kepada Tuhan.

Sumber gambar Fauzinesia.com

Manusia tidak semata hanya memenuhi kebutuhan jasmani, ada kebutuhan rohani yang harus diisi. Luangkan waktu untuk belajar ilmu agama, toh hidup tidak selamanya urusan duniawi.

Di dunia ini hanya sementara, jika menyentuh umur 70 tahun itu sudah pencapaian luarbiasa. Sisanya akan kita habiskan di alam kekal nanti.

Kelak agar bahagia dunia akhirat, mempersiapkan bekal mulai dari sekarang. Seringlah membantu oranglain, tersenyum, jauhi rasa iri dan dengki karena itu membuat hidup yang sesaat jadi tidak bahagia.

Yuk bahagia meski isi dompet tinggal Kapten Pattimura.

7 comments

  1. Yup, setuju dengan semua tipsnya, Mas Gilang 😊👍

    ReplyDelete
  2. Kerennyaa... cobain ahh tipsnya.

    ReplyDelete
  3. Bahagia itu sederhana. Sesederhana senyum Pak Soekarno dan Pak Hatta 😂😂 pada lembar merah yg disahkan bank Indonesia. Makasih banyak Aa Gil artikelnya sangat menginspirasi. Mantap. 👌

    ReplyDelete
  4. Setuju banget ini tipsnya, terutama poin 1 yang kadang tak sadar hati masih terbersit cemburu melihat pencapaian orang lain, jadikan pencapaian orang lain untuk motivasi, memperbaiki diri. semangaaaaat

    ReplyDelete
  5. kalau gak punya teman bisa bahagia gak?

    ReplyDelete
  6. sudah paling benar adalah mendekatkan diri kepada sang pencipta, denan cara seperti itu hati akan tenang dan tentram walaupun banyak permasalahan yang dialami

    ReplyDelete
  7. Makjleb ini tipsnya aa. Terutama yang no 5 😊

    ReplyDelete